Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

bagusp

Official Writer
3402


Cinta memang bisa datang kapan saja, tanpa kita duga. Bisa saja ternyata dengan teman masa kecil kita, dengan sahabat lama, atau bahkan dengan orang yang baru kita kenal. Namun siapapun bakal jodoh kita, cepat atau lambat pasti akan segera diperkenalkan ke orang tua kita. Biasanya rasanya deg-degan tuh nunggu respon orang tua.

Orang tua bisa saja setuju, namun juga bisa saja tidak setuju. Apapun hasil penilaian mereka, sebagai anak wajib kita menghargai mereka. Mengapa bisa begitu, ini adalah alasannya menurut Alkitab.

Tuhan menyuruh kita menghormati orang tua

Ingat waktu di Perjanjian Lama Tuhan kasih 10 perintah kepada bangsa Israel. Di perintah ke-5 dikatakan hormatilah ayah dan ibumu loh. Artinya menghormati orang tua adalah hal yang sangat penting di mata Tuhan. Jadi apa yang penting bagi Tuhan sudah seharusnya penting juga bagi kita.

Orang Tua adalah wakil Tuhan di bumi ini. 

Efesus 6:1 mengatakan 6:1 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. 

Nah jadi Tuhanlah yang memilih siapa yang menjadi orang tua kita. Jika yang lain bisa kita pilih, pekerjaan, jodoh, sekolah, dan lain sebagainya, satu yang kita ngga bisa pilih adalah kita ngga bisa memilih dimana kita dilahirkan. Kita tidak bisa memilih siapa orang tua kita, suku apa mereka, bagaimana kondisi ekonomi mereka. Jadi semua adalah ketetapan Tuhan. Itu sebabnya, kita harus menghormati mereka.

Selamanya kita tetap bakal terikat dengan orang tua

Hubungan dengan orang tua adalah hubungan darah. Bahkan kita mewarisi golongan darah mereka, kemiripan dengan wajah mereka dan sifat orang tua juga sering kali menurun kepada kita sebagai anak. Jadi mau bagaimanapun juga, entah kita merantau sejauh manapun, tetap kita akan merindukan sosok mereka sebagai orang yang telah melahirkan kita.

Seringkali orang tua mempunyai feeling yang kuat

Mungkin itu adalah bawaan dari Tuhan dan salah satu cara Tuhan berbicara kepada kita. Orang tua mempunyai feeling yang sangat kuat saat melihat calon menantunya dan bisa mengambil keputusan yang lebih bijak. Namanya orang jatuh cinta, seringkali kita dibutakan oleh rasa cinta itu. Tapi orang tua, terutama jika mereka takut Tuhan, mereka akan berdoa dan bertanya kepada Tuhan mengenai jodoh anaknya.

Orang tua adalah pendoa syafaat buat anak

Orang tua kita yang juga didalam Tuhan adalah pendoa syafaat yang tekun buat anak-anaknya. Mereka setia mendoakan kita dan mengerti bahwa anak-anak mereka butuh dukungan didalam doa. Nah karena mereka rajin berdoa, seringkali mereka yang mendengar suara Tuhan lebih kuat daripada kita sebagai anaknya.


Jika orang tua kita belum mengenal Tuhan, tetap kita tidak boleh kurang ajar kepada mereka. Kita tetap harus menghormati mereka, sambil terus mendoakan mereka. Jika mereka tidak setuju dengan pilihan kita, sementara kita yakin Tuhan sudah memberikannya kepada kita, tetaplah berdoa supaya Tuhan yang akan memberitahukan kepada mereka. Percayalah, jika sorga sudah setuju, tidak ada yang bisa menggagalkannya, sekalipun orang tua. Tuhan yang akan membuat mereka berbalik dan mengubah keputusannya sesuai kehendak Tuhan.



Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Deo Saputra 19 September 2017 - 06:21:01

Makna dari memahami kompetisi dalam kebaikan

0 Answer

Ve Sien 17 September 2017 - 14:32:17

Cara agar semangat belajar dan berkarya untuk kemu.. more..

2 Answer

Ina 17 September 2017 - 01:29:52

kapan saya bertemu jodoh

2 Answer


Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

blandina siahaan 17 September 2017 - 00:10:33
Syalom, tolong bantuan doanya ya, agar ekonomi kel... more..

Yakub Ndolu 16 September 2017 - 21:14:02
Tolong dukung doa utk pernikahan kami, yg rencanya... more..

Banner Mitra Week  3


7301

advertise with us