Share this article :

Para Pendeta di Rumania Turun Ke Jalan Menentang Aborsi

 Fri March 31st, 2017
 266

Artikel ini ditulis oleh :

daniel.tanamal

Official Writer
 

Para Pendeta di Rumania Turun Ke Jalan Menentang Aborsi Sumber : Goodreads

Para pendeta yang mayoritas berasal dari Gereja Ortodoks di Rumania, turun ke jalanan untuk berunjuk rasa menentang praktek aborsi yang dilegalkan di negara itu, juga di Moldova. Para gembala itu tak sendirian, banyak aktivis dan ribuan orang yang ikut berdemonstrasi di kota Bucharest, Sabtu (25/3).

Dalam unjuk rasa ini para pemuda bergabung dengan keluarga dan orang lanjut usia di sebuah perkumpulan dan serentak melakukan unjuk rasa di 300 kota di kedua negara itu. "Perempuan layak mendapatkan yang lebih baik daripada aborsiā€, "Kehidupan untuk perempuan dan kehidupan untuk keluarga" begitu bunyi beberapa tulisan di spanduk, para peserta demo.

Praktek aborsi sendiri pernah dilarang di Rumania selama rezim diktator komunis Nicolae Ceausescu, yang tewas pada 1989 setelah sebuah pemberontakan masyarakat menggulingkannya dari kekuasaan. Setelahnya praktek aborsi kembali disahkan pada 1990. Pada tahun tersebut, sebanyak 992.000 aborsi terdaftar, tiga kali dari jumlah kelahiran.

Sejak saat itulah, jumlah aborsi secara bertahap menurun, meski Rumania memiliki salah satu tingkat aborsi tertinggi di Eropa. "Saya tidak percaya bahwa kita harus melarangnya secara hukum, seperti di bawah komunisme, tetapi kita harus mempromosikan pendidikan dan pencegahan untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan," kata demonstran Yulia Tapardel, demikian dikutip dari AFP.

Aksi para pendeta yang turun ke jalan ini juga menuai pujian dari berbagai pihak yang menilai sikap mereka mencerminkan gembala yang bertanggungjawab secara lisan maupun prakteknya, terhadap dinamika kebijakan pemerintah di negara-negara saat ini yang banyak keluar jalur dari etika kehidupan yang pro terhadap nilai hidup.



Sumber : Berbagai Sumber

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Gare HogPok 23 May 2017 - 10:28:16
Selamat pagi dan salam Sejahtera bagi kita semua. ... more..

Tato' Tambing 22 May 2017 - 09:09:32
Syallom selamat pagi, mohon di doakan untuk hubung... more..

santos 22 May 2017 - 00:14:34
Mohon doanya agar usaha saya yang sedang saya kemb... more..

bagus eko sugiono 19 May 2017 - 00:44:36
saya tidak tau harus crita ke siapa lagi..saya bin... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Fear? No More!
Fear? No More!
Rasa takut bukan lagi hal baru dalam hidup manusia. Mulai dari rasa takut yang sebenarnya tidak perl...