Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Contributor
2082


Sebagian dari kita atau sekitar 99% nya mungkin sudah melewati masa indahnya cinta di masa muda dan waktu itu kita meyakini kalau pacar kita adalah ‘yang tepat’. Kita menghabiskan setiap momen bersama dia dan bermimpi soal masa depan. Kita yakin kalau itu adalah cinta sejati yang akan kita miliki. Tapi semua keindahan yang kita bayangkan saat berpacaran kandas ketika hubungan berakhir. Putus cinta adalah hal yang paling menyakitkan yang sering membuat kita bertanya pada diri sendiri “apa yang terjadi?”.

Saat kita mengingat masa muda waktu berpacaran, semua yang kita alami dengan mantan-mantan kekasih kita pasti akan membuat kita senyum-senyum sendiri. Karena begitu banyaknya kesalahan dan kekonyolan yang kita lakukan. Cinta membuat kita buta akan semua hal dan kita berpikir kalau hanya dengan cinta saja kita bisa hidup bersama selamanya. Tapi tetap saja seperti lagu Patty Smyth bilang, “Kadang cinta saja tidak cukup sayang”.

Terlalu cinta adalah salah satu kesalahan paling besar saat kita berpacaran di masa muda. Kita pikir hanya dengan cinta saja kita bisa mempertahankan hubungan, tapi nyatanya kita lupa supaya sebuah hubungan berhasil kita juga perlu:

Saling Percaya

Kepercayaan adalah dasar yang kokoh dalam membangun hubungan.  Dalam hal ini, kedua belah pihak diharapkan bisa saling percaya dalam beberapa hal seperti mau mendengarkan satu sama lain, saling menghormati, mampu mengendalikan perilaku masing-masing, dan bekerja sama dalam menyelesaikan persoalan dengan cara yang sehat.

Saling Mengerti

Sama dengan saling percaya, saling mengerti juga penting sekali dalam hubungan. Semakin lama kita dalam menjalin hubungan, semakin miriplah kita dengan pasangan kita. Ini artinya bahwa kepribadian kita akan berubah dan semakin saling mengerti satu sama lain.

Saling Menghormati

Kesalahan lain yang membuat kita kerap gagal dalam sebuah hubungan adalah tidak adanya rasa saling menghormati satu sama lain. Padahal hal ini penting sekali sebagai bentuk bagaimana kita diperlakukan dan memperlakukan orang lain dengan benar. Jika cinta saja tidak cukup, maka kita perlu menghormati orang yang kita cintai khususnya saat masalah muncul, sebagai pasangan kita harusnya tidak meletup dan menyerang tapi mau mendengar.

Membangun Komunikasi

Komunikasi itu lebih dari sekadar berbicara dan mendengar. Membangun komunikasi dalam hubungan bisa berupa mengekspresikan isi perasaan tanpa kritik dan mau mendengarkan pasangan dengan tenang.

Tetap Mengambil Waktu Untuk Diri Sendiri

Menghabiskan sepanjang hari dengan orang yang kita kasihi memang adalah hal yang wajar. Tapi kalau sampai hubungan ini merenggut momen masing-masing untuk menikmati waktu sendiri ataupun dengan teman-teman, hubungan ini tentu saja tidak lagi sehat. Dalam hubungan kita juga perlu menjadi diri sendiri dan mengatur waktu untuk bersama dan waktu untuk sendiri. Jangan sampai kita atau pasangan kita mulai merasa bosan dan nggak punya ruang untuk sendiri loh sama kayak lagunya Tulus ‘Ruang Sendiri’.

Saling Mendukung

Banyak anak muda berpacaran yang kehilangan arah karena dikendalikan oleh cinta. Mereka mulai mengorbankan hal terpenting dalam hidupnya demi bisa bersama dengan orang yang dia cintai, termasuk impian. Cinta membuat anak muda menjadi tak lagi mau bermimpi. Padahal supaya sebuah hubungan berhasil dan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak, masing-masing harusnya sama-sama saling mendukung dalam setiap hal yang mereka lakukan.

Jadi, filosofi cinta masa muda yang bilang bahwa ‘ada kekuatan di dalam cinta’ kurang tepat. Sebab, selain cinta kita juga perlu saling belajar dalam berbagai hal. 

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Deo Saputra 19 September 2017 - 06:21:01

Makna dari memahami kompetisi dalam kebaikan

0 Answer

Ve Sien 17 September 2017 - 14:32:17

Cara agar semangat belajar dan berkarya untuk kemu.. more..

2 Answer

Ina 17 September 2017 - 01:29:52

kapan saya bertemu jodoh

2 Answer


Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

blandina siahaan 17 September 2017 - 00:10:33
Syalom, tolong bantuan doanya ya, agar ekonomi kel... more..

Yakub Ndolu 16 September 2017 - 21:14:02
Tolong dukung doa utk pernikahan kami, yg rencanya... more..

Banner Mitra Week  3


7301

advertise with us