Ketegangan Meningkat, China Usir Belasan Misionaris Korea Selatan
Sumber: Christianitytoday.com

Internasional / 21 March 2017

Kalangan Sendiri

Ketegangan Meningkat, China Usir Belasan Misionaris Korea Selatan

Puji Astuti Official Writer
3349

Beberapa bulan terakhir belasan misionaris diusiar dari wilayah China yang berada dekat perbatasan Korea Utara. Media mengabarkan bahwa pengusiran mencapai 30 hingga 70an. 

"Pihak otoritas China mengusir para misionaris dari rumah mereka dengan beralasan bahwa ada masalah dengan visa mereka, dan meminta mereka pergi," demikian ungkap salah seorang aktifis hak asasi manusia kepada Agence Frence-Presse(AFP). Kebanyakan yang diusir adalah mereka yang menggunakan visa pelajar atau wisatawan. 

Sebelumnya China tidak begitu menggubris aktifitas para misionaris tersebut, karena mereka tidak membahayakan keamanan negara. Namun kali ini berbeda, di duga ada alasan lain dibalik pengusiran ini. 

Ada sekitar 500 misionaris Korea Selatan yang terdaftar secara resmi melayani di China. Namun diperkirakan jumlahnya lebih dari itu, diperkirakan bisa mencapai 2000 orang. Kebanyakan melayani di perbatasan Korea Utara yang miskin dan banyak pengungsi dari negara Korea Utara. 

Hingga saat ini China belum memberi alasan resmi tentang pengusiran terhadap para misionaris tersebut, namun ada yang memperkirakan karena ketidaksetujuan China atas rencana Seoul akan membangun perisai anti rudal Amerika. Korea Selatan sendiri dikenal sebagai salah satu negara yang paling banyak mengirimkan misionaris ke berbagai belahan dunia. 

Sumber : Christianity Today
Halaman :
1

Ikuti Kami