Share this article :

Sakit Skizofrenia Bikin Pria Asal Mataram Ini Ngaku-ngaku Tuhan dan Bangun Agama Baru

 Tue March 21st, 2017
 305

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Contributor
 

Sakit Skizofrenia Bikin Pria Asal Mataram Ini Ngaku-ngaku Tuhan dan Bangun Agama Baru Sumber : Jawaban.com

Pria asal Mataram Sabar Nababan menimbulkan kehebohan setelah memposting sejumlah status di akun Facebook-nya yang mengatakan bahwa dirinya adalah Tuhan. Dia juga memposting agama baru yang sedang dibangun bernama Agama Angkasa Nauli (AAN).

Tapi berdasarkan pemeriksaan belakangan ini, Sabar Nababan diketahui sedang menderita sakit skizofrenia (schizophrenia). Penyakit inilah yang diduga keras melatarbelakangi perubahan perilaku yang dialami Sabar.

Berdasarkan pengamatan yang ditemukan dalam akun pribadinya itu, Sabar Nababan diketahui telah menyampaikan dogma buatannya sendiri kepada pendeta gereja HKBP. Namun karena dirinya diduga menyebarkan dogma-dogma baru yang tidak sesuai dengan ajaran kitab suci Kristen, termasuk soal ajaran Tritunggal, dia akhirnya ditolak oleh pihak gereja.

Kondisi penyakit yang diderita Sabar Nababan diklaim benar adanya oleh Kapolres Mataram, AKBP Muhammad setelah pria ini diperiksa di Rumah Sakit Jiwa Nusa Tenggara Barat. “Kita mendapatkan surat dari Rumah Sakit Jiwa Provinsi NTB, yang isinya bahwa yang bersangkutan mengidap skizofrenia sejak 2015,” ucap AKBP Muhammad.

Skizofrenia adalah gangguan mental kronis yang menyebabkan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, dan perubahan perilaku. Kondisi ini biasanya berlangsung lama karena adanya gangguan mental dimana penderita merasa sulit membedakan antara kenyataan dengan pikiran sendiri.

Seorang dokter ahli kejiwaan dr Andri, SpKJ, FPAM dari Rumah Sakit Omni Alam Sutra mengatakan bahwa penderita skizofrenia biasanya akan mengalami sensasi berupa pendengaran berupa bisikan, penglihatan, penciuman yang sebenarnya tidak nyata. “Pada banyak kasus skizofrenia, yang paling sering dialami adalah gangguan halusinasi yang bersifat pendengaran,” ucap dr Andri.

Halusinasi dan delusi membuat penderita tidak sadar dan bahkan merasa tidak mengalami gangguan apapun, bahkan orang-orang di sekitarnya seringkali sulit meyakinkan penderita untuk berobat atau menyadari apa yang sedang dialaminya.

“Pasien merasa halusinasi itu memang benar ada dan tidak bisa dipatahkan oleh orang di sekitarnya. Pasien juga kesulitan dalam mengendalikan halusinasi tersebut sehingga menimbulkan gangguan fungsional pada pasien,” lanjutnya.

Munculnya halusinasi dan delusi pada penderita skizofrenia sejatinya terjadi oleh peningkatan zat kimiawi dalam otak yang bernama dopamin. Karena itu secara medis penyakit ini dianggap masih bisa disembuhkan. “Karena ada hubungannya dengan peningkatan zat kimiawi otak yaitu dopamine, maka pengobatannya bertujuan untuk menyeimbangkan dopamine kembali,” ucap dr Andri.

Saat ini Sabar Nababan yang juga merupakan dosen di Universitas Mataram ini memang tidak diproses secara hukum. Namun, pihak kepolisian akan terus memantau aktivitas pria ini dengan agama baru yang dibangunnya itu.

Pentingnya Diagnosa

Kalau kamu atau orang terdekat kamu merasa mengalami gejala-gejala seperti dijelaskan di atas, akan lebih baik menjalani pemeriksaan medis untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Karena skizofrenia merupakan salah satu jenis gangguan mental, maka pemeriksaan harus dilakukan oleh dokter spesialis kejiwaan atau psikiater. Penyakit skizofrenia akan terdeteksi pada diri pasien jika:

- Mengalami halusinasi, delusi, bicara meracau, dan terlihat datar secara emosi.

- Mengalami penurunan secara signifikan dalam melakukan tugas sehari-hari, termasuk penurunan dalam produktivitas kerja dan prestasi di sekolah.

Pengobatan

Untuk proses pengobatannya sendiri, dokter biasanya akan mengombinasikan terapi perilaku kognitif (CBT) dengan obat-obatan antipsikotik. Untuk memperbesar peluang sembuh, pengobatan juga harus ditunjang oleh dukungan dan perhatian dari orang-orang terdekat.

Meskipun sudah sembuh, penderita skizofrenia tetap harus dimonitor. Biasanya dokter akan terus meresepkan obat-obatan untuk mencegah gejala kambuh.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Erwin Karunia 25 March 2017 - 11:51:07
Mohon dukungan doa agar terlepas dari ikatan homos... more..

Sam 24 March 2017 - 00:24:15
Mohon didoakan agar Tuhan berkenan bukakan jalan u... more..

Elizabeth Chelsea 22 March 2017 - 15:52:39
Tolong dibantu doa untuk saya benar - benar bisa t... more..

trix 21 March 2017 - 19:11:34
Mohon dukungan doanya agar setiap lamaran kerja ya... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Garam Dan Terang Dunia
Garam Dan Terang Dunia
Apa yang akan Anda lakukan jika partner usaha yang adalah teman Anda, menipu Anda hingga Anda terlil...