Merasa Kehilangan, Jokowi Sebut Bahwa Kiai Hasyim Muzadi Adalah Tokoh Kebhinekaan
Sumber: Facebook

Nasional / 16 March 2017

Kalangan Sendiri

Merasa Kehilangan, Jokowi Sebut Bahwa Kiai Hasyim Muzadi Adalah Tokoh Kebhinekaan

Puji Astuti Contributor
3541

Meninggalnya  KH Hasyim Muzadi pada Kamis, pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB menjadi sebuah kehilangan besar bagi bangsa Indonesia. Tokoh Nahdlatul Ulama tersebut wafat di usia 72 tahun. Preside Joko Widodo menyampaikan rasa duka cita atas berpulangnya tokoh bangsa tersebut dan menyebut bahwa KH Hasyim Muzadi sebagai salah satu ulama Indonesia  yang menjaga kebhinekaan.

"Inna lillahi wa inna ilayhi raji'un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Kiai Haji Ahmad Hasyim Muzadi di kediamannya di Malang, pagi tadi. Bangsa ini kehilangan salah satu ulama, guru, penjaga terdepan kebhinekaan," demikian pernyataan Jokowi pada akun Facebook Presiden Joko Widodo, Kamis (16/3/2017).

"Seorang tokoh yang sebagian hidupnya didedikasikan untuk agama dan bangsanya. Ia pernah memimpin Nahdlatul Ulama seraya terus mengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam di Malang, dan sampai akhir hayatnya masih menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden,"  demikian Jokowi mengenang sang pengasuh ponpes Al Hikam tersebut. 

Jokowi juga mengungkapkan bahwa ia sangat kehilangan dan memanjatkan doa bagi almarhum KH Hasyim Muzadi dan juga keluarganya yang ditinggalkan. 

Selain saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, KH Hasyim Muzadi juga pernah mendamping Megawati Soekarno Putri saat mencalonkan diri sebagai presiden di tahun 2004. Ia juga salah satu tokoh yang kerap menyerukan toleransi antar umat beragama dan menjaga kebhinekaan negeri ini. Rencananya jenazah KH Hasyim Muzadi akan dibawa ke Jakarta untuk dikebumikan. 

Sumber : Detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami