Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Contributor
3522


Setiap organ tubuh manusia punya jam kerja yang berbeda-beda. Pada jam kerja itulah tubuh akan bekerja aktif dan maksimal untuk memastikan semua proses yang terjadi dalam tubuh berjalan dengan lancar. Dengan mengetahui jam kerja organ-organ tubuh, kita bisa juga mengatasi dan mengantisipasi masalah kesehatan yang kerap kita hadapi.



Bagi kamu yang ingin tetap bugar dan sehat, beberapa jam kerja organ tubuh ini perlu kamu perhatikan.

LAMBUNG

Jam Aktif : Jam 07.00 - 09.00 adalah jam ketika organ lambung sedang kuat, sebaiknya makan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Mengisi lambung dengan minum jus atau ramuan berkhasiat sebelum sarapan pagi sangat dianjurkan karena lambung akan menyerap zat yang berguna bagi tubuh di jam-jam ini.

Jam Istirahat: Jam 19.00 - 21.00 adalah waktu bagi lambung mulai beristirahat. Karena itu sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makan yang sulit atau lama dicerna di jam ini.

 

LIMPA

Jam Aktif: Jam 09.00 - 11.00 adalah waktu organ limpa aktif dan kuat dalam mentransportasi cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini kamu merasa ngantuk, berarti fungsi limpa lemah. Untuk itu, kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

Jam Istirahat: Jam 21.00-23.00 adalah waktu bagi organ limpa mulai beristirahat dan semakin melemah. Karena saat akan terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil mendengarjan musik yang menenangkan jiwa akan menjaga kesehatan limpa dan meningkatkan sistem imun.

 

JANTUNG

Jam Aktif: Jam 11.00 - 13.00 adalah jam saat organ jantung kuat. Supaya kerja jantung tidak berlebihan ambillah waktu istirahat, hindari panas dan olah fisik di jam-jam ini. Jaga pula ambisi dan emosi terutama bagi penderita gangguan pembuluh darah.

Jam Istirahat: Jam 23.00-01.00 adalah jam saat jantung lemah. Sebaiknya beristirahatlah di jam ini, apabila masih terus bekerja atau begadang jantung hanya akan dipaksa bekerja dan mmbuat fungsinya semakin melemah.

 

HATI

Jam Aktif: Jam 01.00-03.00 adalah waktu ketika organ hati kuat dan hati mulai mengerjakan fungsinya untuk membuang racun/limbah hasil metabolisme tubuh. Jika terjadi sesuatu yang menggganggu hati akan tampak pada warna kotoran, gangguan mata dan rasa nyeri di bagian hati sendiri.

Jam Istirahat: Jam 13.00 - 15.00 adalah jam organ hati lemah, bila orang tidur, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi hati kuat maka tubuh kuat untuk menangkal semua penyakit.

 

PARU-PARU

Jam Aktif : Jam 03.00-05.00 adalah jam saat organ paru-paru kuat karena di jam ini paru-paru membuang limbah/racun yang masuk dalam organ ini. Apabila terjadi batuk, bersin-bersin dan berkeringat itu tandanya ada gangguan fungsi paru-paru. Sebaiknya lakukanlah olah pernafasan di jam ini untuk mendapatkan energi yang sehat dan kuat ke dalam paru-paru.

Jam Istirahat : Jam 15.00 - 17.00 adalah jam organ paru-paru melemah, diperlukan istirahat, tidur untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru di jam-jam ini.

 

GINJAL

Jam Aktif: Jam 17.00-19.00 adalah jam organ ginjal kuat dan sangat erat dengan pertumbuhan dan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada manusia.  Pada jam ini, apabila digunakan untuk belajar akan sangat baik sekali. Pada anak balita, apabila tidur apda jam ini akan sangat baik sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan otaknya.

 

USUS BESAR

Jam Aktif : Jam 05.00-07.00 adalah jam dimana organ usus besar sedang melakukan pekerjaannya untuk membuang racun. Karena itu, pastikanlah untuk buang air besar (BAB).

 

USUS KECIL

Jam Aktif: Jam 13.00-15.00 adalah jam kerja organ usus kecil dalam hal memelihara keseimbangan cairan dalam tubuh, terutama untuk penyaluran dan pengaturan cairan.

Sistem kerja masing-masing organ tubuh memang berbeda-beda, efek yang ditimbulkannya juga berbeda. Tapi mari mulai menyadari tentang bagaimana masing-masing organ tubuh ini bekerja dan mempengaruhi sistem tubuh. Tak hanya itu, kita juga perlu menjaga gaya hidup sehat karena hal itu juga sangat berpengaruh dengan mekanisme kerja organ-organ tubuh. Seperti contoh, kebiasaan begadang yang merusak sistem kerja jantung atau kebiasaan merokok yang merusak sistem kerja paru-paru. Kalau ingin hidup sehat, mulailah peduli dengan makanan yang kamu konsumsi dan cara hidup yang kamu lakukan setiap hari.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dendy Dendy 20 October 2017 - 15:58:33

Bagaimana membagi waktu jika kita masuk di 2 ekstr.. more..

0 Answer

Yohana Girsang 20 October 2017 - 11:38:26

Musik pertama dalam alkitab

0 Answer

ferdhika sandy putra 19 October 2017 - 09:04:56

Dosa gak kalo kentut di gereja?

3 Answer


evelina 19 October 2017 - 15:25:05
kiranya Tuhan Yesus berkenan membuka hati lelaki y... more..

ARI 19 October 2017 - 08:25:34
Dear Team Prayer, dukung saya dalam doa untuk sua... more..

Veronica Sitanggang 18 October 2017 - 21:15:29
Bantu dukungan doanya agar Tuhan memenangkan jiwa ... more..

Dessy Sitohang 16 October 2017 - 20:16:48
Saya mohon bantu doa nya agar saya diangkat jadi S... more..

Banner Mitra Week  3


7315

advertise with us