Kesempatan Terbuka, Menjadi Ayah bagi Anak yang Membutuhkan, Kamu Mau?
Sumber: Masterfile.com

Parenting / 13 March 2017

Kalangan Sendiri

Kesempatan Terbuka, Menjadi Ayah bagi Anak yang Membutuhkan, Kamu Mau?

Budhi Marpaung Official Writer
2999
Dalam kehidupan saya, saya sering berjumpa dan berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki latar belakang kurang kasih sayang ayah. Agak tidak adil jika saya bilang semua, tetapi kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang terluka. Mereka tidak tahu bagaimana harus bersikap sebagai seorang laki-laki. Sementara yang perempuan, mereka tidak tahu bagaimana seharusnya bersikap kepada laki-laki.

Apa yang saya amati itu ternyata masih saya lihat di generasi di bawah saya. Mereka menjadi korban dari orang-orang yang di atas mereka. Kondisi ini tidak benar dan harus dihentikan. Kamu dan saya yang bisa menghentikannya. Dengan apa? Dengan menjadi ayah terbaik bagi setiap anak.

Berikut ada sejumlah cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menjadikan dirimu sebagai ayah terbaik bagi anak-anak di sekitar:

1. Sadarilah bahwa mereka ada di sekitarmu

Anak-anak yang kekurangan kasih sayang dari ayah itu ada di sekelilingmu. Buka mata, telinga, dan hati. Sisipkan kasih di sana agar kamu bisa menjangkau mereka. Supaya kamu dapat mencurahkan kasih Allah kepada mereka.

2. Berhentilah mengutuk dan mulailah berbicara

Mereka adalah anak-anak yang terluka oleh karena perlakuan buruk dari ayah mereka. Dibandingkan mendengar kata ‘ayah mengasihimu’, mereka justru lebih sering mendengar ‘anak kurang ajar’, ‘dasar anak bodoh, anak gak berguna’ dan banyak lagi. Semua itu hanya bisa diobati oleh kasih. Kasih yang murni, yang memperhatikan. Kasih yang menghargai dirinya sebagai anak.

Mereka perlu didengar, oleh karena itu dengarkan mereka. Ajak mereka berbicara dan berilah kesempatan untuk mereka mengungkapkan apa yang ada di dalam hati mereka. Keterbukaan dan penerimaan yang mereka terima, lambat laun akan mengubah hati mereka yang sudah membatu menjadi menjadi lembut seperti yang Tuhan kehendaki.  

3. Jadilah Bapa Rohani

Anak-anak yatim ini bukan hanya membutuhkan sosok bapak secara jasmani, tetapi sesungguhnya mereka membutuhkan sosok bapak secara rohani. Sisi spiritualitas  seorang anak harus dibangun. Mengapa? Supaya mereka menjadi manusia yang utuh. Manusia yang mengenal siapakah pencipta-Nya dan mengapa ia diciptakan di dunia ini.  

4. Lemparkan Jaringmu

Ini berbicara bukan hanya dirimu saja yang bekerja sebagai ayah, tetapi bersama dengan orang-orang percaya yang lain, bergandeng tangan untuk membapai anak-anak yatim yang ada di sekelilingmu. Tugas ini bukan tugas satu orang, tetapi setiap kita, gereja-Nya yang ada di bumi. Berjejaringlah dengan orang se-visi sebanyak mungkin karena itu yang membuat pengaruh positif menjadi semakin luas. Bukan hanya satu anak saja yang memperoleh kasih bapak, tetapi banyak anak yang bisa merasakan dan mengalami cinta dari seorang ayah.


Apakah kamu mau mengambil bagian di dalamnya?

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami