Coba Cek 4 Tipe Karyawan Ini! Kamu yang Mana?
Sumber: kompas.com

Career / 10 March 2017

Kalangan Sendiri

Coba Cek 4 Tipe Karyawan Ini! Kamu yang Mana?

Angelia Agatha Official Writer
6745

Ketika bekerja kamu pasti menemukan berbagai macam tipe partner kerja yang kadang kamu gak paham kenapa mereka bisa kaya gitu, iya kan?

Karena itu para peneliti baru saja menemukan empat tipe karyawan yang bisa mempengaruhi bagaimana cara seseorang bekerja dan berkolaborasi dengan para partner kerja mereka.

Keempat tipe tersebut telah diteliti oleh Deloitte’s Business Chemistry yang bekerjasama dengan antropologis dari Rutgers University, Helen Fisher dan pakar biologis molekul, Lee Silver dalam mempelajari cara bekerja dari 190.000 orang. Wow banyak ya!

Coba kamu cek manakah tipe karyawan yang kamu miliki!

1. Pionir

(Mudah bergaul, melihat gambaran besar, spontan, berani mengambil resiko, mudah beradaptasi dan suka berimajinasi)

Jika kamu masuk dalam tipe ini, berarti kamu adalah tipe karyawan yang akan menjadi pemimpin ditempatmu berada. Sebab kamu suka mengambil resiko, namun sayangnya kamu seringkali melupakan detail-detail kecil. Negatifnya adalah acap kali kamu sering over confident dan impulsif.

Note: Kamu harus belajar mendengarkan orang lain!

2. Pendorong

(Kuantitatif, logis, fokus, kompetitif, berani bereksperimen, dan penuh dengan rasa ingin tahu)

Kalau kamu adalah pendorong, berarti kamu adalah orang yang pandai dalam membuat keputusan. Kamu juga teliti dan sangat peduli dengan hasil dan data. Namun, kamu juga kurang sabar dan terlalu beresiko melakukan sesuatu tanpa berpikir dengan matang.

Note: Pikirkan matang-matang keputusan yang akan kamu ambil!

3. Integrator

(Diplomatis, mudah berempati, tradisional, sangat menjaga hubungan, termotivasi, dan tidak suka konfrotasi)

Kamu begitu percaya bahwa membangun relasi di tempat kerja sangatlah penting. Memang hal itu adalah positif, tapi negatifnya kamu pasti suka berbincang-bincang dengan rekan kerjanya daripada bekerja.

Note: Ada kemungkinan kamu akan diperlakukan dengan cara tidak adil oleh dua tipe diatas.

4. Pelindung

(Metodis, pendiam, berorientasi pada detail, praktis, terstruktur, dan setia)

Kamu adalah orang yang perfeksionis, namun karena itu kamu rentan mengalami stress. Kamu juga seringkali tidak akan bertindak atau berbicara tanpa persiapan yang matang. Akhirnya kamu seringkali dilupakan dalam diskusi walaupun opini atau solusi yang bisa kamu berikan sangat membantu.

Note: Bertemanlah dengan mereka yang dapat meredakan stressmu!

Meskipun begitu terlihat tidak bisa menyatu, dengan tekad yang baik keempat tipe karyawan ini bisa dapat berkolaborasi kok! Belajarlah untuk saling melengkapi dan meningkatkan kualitasnya masing-masing.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami