Share this article :

5 Fakta Unik di Balik Perayaan 40 Hari Pra-Paskah

 Mon March 6th, 2017
 1515

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

5 Fakta Unik di Balik Perayaan 40 Hari Pra-Paskah Sumber : Sesawi.net

Pra-Paskah adalah periode waktu selama 40 hari menjelang Minggu Paskah. Pra-Paskah atau dalam bahasa Inggris ‘Lent’ sebenarnya berasal dari bahasa Inggris Kuno ‘lencten’ yang berarti musim semi yang ditandai dengan sebuah pemberian.

Di masa-masa Pra-Paskah ini, orang-orang Kristen, khususnya Gereja Katolik, akan menggelar beberapa rangkaian ibadah doa dan puasa. Meskipun tak semua gereja merayakannya, namun perayaan 40 hari Pra-Paskah muncul dengan latar belakang sejarah yang panjang loh.

Berikut 5 fakta unik di balik 40 hari perayaan Pra-Paskah:

Fakta 1: Asal Mula

Musim Pra-Paskah memiliki sejarah yang kompleks. Perayaan ini bermula dari ibadah gereja puasa pertama dan perayaan ini pada waktu itu belum benar-benar jadi tradisi sampai abad ke-4.

Di abad itu puasa yang biasa dilakukan di musim Pra-Paskah adalah sesuatu yang biasa. Tapi tradisi ini mulai berubah sejak kepemimpinan Konstantinus Agung atau disebut Konsili Nicea pada tahun 325.

Fakta 2: Masa Pra-Paskah gereja Barat dan Timur berbeda

Dalam gereja Barat, masa Pra-Paskah dimulai pada hari Rabu Abu, enam setengah minggu sebelum Paskah dan berakhir pada pertengahan malam di hari Sabtu Paskah. Sementara di gereja Timur, Pra-Paskah dimulai pada hari Senin di minggu ketujuh sebelum Paskah dan berakhir pada hari Jumat atau sembilan hari sebelum Paskah.

Fakta 3: Pra-Paskah sebenarnya tidak murni 40 hari

Kita pada umumnya tahu kalau masa Pra-Paskah itu hanya 40 hari, sama seperti masa ketika Yesus puasa selama 40 hari di padang gurun. Tapi ternyata, periode waktu Pra-Paskah sampai menuju Paskah itu justru lebih dari 40 hari loh, tepatnya 49 hari. Lalu kenapa Pra-Paskah hanya dihitung selama 40 hari? Hal ini terjadi karena Hari Minggu tidak dihitung dalam Pra-Paskah.

Fakta 4: Pra-Paskah digambarkan dalam bentuk simbolis

Dalam gereja-gereja Barat, Pra-Paskah dimulai dengan hari Rabu Abu, yang melibatkan pelayanan gereja dimana hari Rabu Abu merupakan simbol dari mulainya Pra-Paskah. Biasanya Rabu Abu ini ditandai dengan penyematan abu dalam bentuk salib di bagian dahi.

Simbol abu ini merupakan suatu bentuk dari penyampaian pesan tentang kematian dan penebusan dosa manusia. Karya penebusan manusia tidak akan lengkap sampai kebangkitan Yesus dari antara orang mati.

Fakta 5: Puasa Pra-Paskah tanpa daging

Praktik puasa selama Pra-Paskah dengan menghindari makanan seperti permen dan daging sebenarnya dipengaruhi oleh budaya Amerika. Karena kebiasaan inilah McDonald dengan menu ikan muncul untuk pertama kali di Ohio, Amerika.  Selain itu, Pretzel juga menjadi makanan ideal untuk dikonsumsi selama masa Pra-Paskah. Makanan ini terbuat dari air, tepung, dan garam.

Meskipun Pra-Paskah berasal dari tradisi Katolik Kuno, tapi tradisi ini tetap sudah mempengaruhi budaya gereja Protestan. Setidaknya, kalaupun gerejamu tidak merayakan sepenuhnya Pra-Paskah seperti yang dirayakan oleh Gereja Katolik, lewat informasi ini kamu bisa tahu tentang apa sebenarnya Pra-Paskah itu.

Sumber : Christianpost.com/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Margareta Cahyo 26 June 2017 - 21:41:30
Selamat Malam Jawaban.com sungguh malam ini , Tuh... more..

Andry Randa 22 June 2017 - 18:41:49
Terpuji namamu ya Alllah atas segala penyertaan hi... more..

Harvey Jeremy 22 June 2017 - 00:20:39
Salam sejahtera untuk saudara semua, kiranya Tuhan... more..

Bryan inzaghi 16 June 2017 - 20:43:01
Sekarang aku ingin mendaftar ke sekolah negri yg k... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Pesan Singkat Yang Mengubah Hidupku
Pesan Singkat Yang Mengubah Hidupku
Kapan biasanya Anda mengucapkan kata ‘terima kasih’? Umumnya, kata ini akan muncul ketika Anda m...