Share this article :

10 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Suami-Istri di Tahun Pertama Pernikahan

 Wed March 1st, 2017
 786

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Contributor
 

10 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Suami-Istri di Tahun Pertama Pernikahan Sumber : Christiantoday.com

Aku dan istriku menikah di musim panas ini. Tak terasa kami sudah menikah enam bulan, tak terasa setahun begitu cepat berlalu. Kami rasanya baru saja kembali dari bulan madu kami.

Selama setahun pernikahan ini, kami begitu serius membuat daftar-daftar kebiasaan yang harus kami lakukan bersama. Tak ada yang istimewa memang dari daftar-daftar itu, tapi kami mengakui kalau tahun-tahun awal pernikahan menjadi penentu kebahagiaan di tahun-tahun berikutnya.

Setiap pasangan yang sehat harus mengejar tujuan yang berbeda, mulai dari keuangan, pengalaman, pembelajaran, pertumbuhan dan lain-lain. Untuk lebih jauh, kami akan membeberkan 10 daftar kebiasaan yang kami sudah lakukan:

1. Membacakan buku untuk satu sama lain

Pilihlah satu atau dua buku yang baik untuk dibaca bersama. Setelah setiap kali membacanya, diskusikan tentang apa isi buku. Belajarlah untuk menjalani proses ini bersama-sama. Kalau kamu tidak suka membaca buku, pertimbangkan dengan mendengar buku secara audio.

2. Saling melontarkan pertanyaan yang baik

Istriku menemukan sebuah buku panduan untuk pasangan muda. Salah satu panduan yang baik yang ditulis di sana adalah bagaimana pasangan harus saling bertukar pertanyaan yang baik setiap harinya. Lalu keduanya sama-sama menjawab dan menuliskan jawaban itu. Ada ruang untuk menjawab pertanyaan yang sama di tahun-tahun mendatang dan melihat kembali jawaban yang mereka sudah tuliskan di waktu-waktu yang lalu. Pertanyaan ini umumnya akan memicu percakapan yang berguna.

3. Belajar resep baru yang sama-sama disukai

Aku dan istriku belajar untuk membuat makanan yang bergizi dan lezat. Kami biasanya akan menemukan beberapa resep baru yang baik buat kesehatan kami dan mencobanya. Tapi kami tak pernah lupa untuk memikirkan apa tujuan kami melakukannya.

4. Menemukan hobi baru bersama-sama

Ada banyak pasangan yang hidup dengan hobi yang berbeda. Akibatnya, mereka tak pernah saling mendukung dengan hobi masing-masing. Karena itu, penting sekali bagi pasangan baru menikah untuk mulai membangun satu hobi baru yang disukai bersama.

5. Jadwalkan waktu berkencan

Poin yang satu ini sangat penting! Jangan berhenti berkencan dengan pasanganmu. Jangan biarkan pernikahan kalian menjadi hambar karena tak lagi pernah menikmati kencan seperti sebelum menikah dulu. Cobalah untuk mengambil waktu berkencan bersama, mungkin pergi ke luar kota atau menikmati makan malam romantis berdua.

6. Tertawa bersama  

Hal apa yang paling kalian bisa membuat kalian tertawa? Tertawa bersama sangat baik untuk dibangun di tahun pertama pernikahan kalian. Untuk itu, carilah alasan untuk bisa tertawa bersama.

7. Miliki mimpi bersama untuk masa depan

Luangkanlah waktu untuk bermimpi tentang masa depan kalian. Bicarakan tentang di mana kalian akan tinggal, apa yang kalian inginkan dari anak-anak kalian kelak. Seperti apa liburan yang kalian sukai untuk dilakukan di masa mendatang. Jangan biarkan keterbatasan kalian saat ini menghambat mimpi-mimpi besar yang ingin kalian raih.

8. Ciptakan tradisi baru keluarga

Sebagai pasangan yang baru menikah, kalian patut menciptakan tradisi baru yang kalian berdua sukai. Hal ini bisa jadi sesuatu yang baik untuk dilakukan, tapi pikirkanlah sesuatu hal yang baru. Mungkin tradisi ini dimulai dari kalian berdua dulu yang nantinya bisa dicontoh oleh anak-anak kalian.

9. Ambil waktu beristirahat bersama

Membangun bahtera rumah tangga berarti berkomitmen untuk memprioritaskan keluarga atau orang-orang yang kalian kasihi. Karena itu, supaya kamu selalu rindu untuk pulang ke rumah, kalian harus membuat satu momen yang nggak bisa digantikan dengan kesibukan apapun. Misalnya, dengan mengambil waktu istirahat bersama, hanya untuk bersantai di rumah dan menikmati kebersamaan saja.

10. Saling mengucap syukur

Di tahun pertama pernikahan, saling berbagi tentang ucapan syukur terhadap satu sama lain sangatlah penting. Kalian bisa saling mengingatkan untuk mensyukuri segala hal yang sudah dimiliki dan dilewati. Jangan pernah bosan untuk saling mengucap syukur, karena hal itu juga suatu bentuk penghargaan loh.

Apakah kamu adalah salah satu pasangan yang baru menikah dan kesulitan untuk berpikir tentang apa hal baru yang bisa dilakukan bersama dengan pasangan? Mudah-mudahan daftar di atas bisa membantumu untuk membangun pernikahan yang lebih baik di kemudian hari. 

Sumber : Christianmingle.com/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Elizabeth Chelsea 22 March 2017 - 15:52:39
Tolong dibantu doa untuk saya benar - benar bisa t... more..

trix 21 March 2017 - 19:11:34
Mohon dukungan doanya agar setiap lamaran kerja ya... more..

SUZY RATNANINGRUM 19 March 2017 - 23:45:01
Ya Bapa kudatang padaMu membawa bebanku. Bapa saat... more..

SUZY RATNANINGRUM 19 March 2017 - 22:06:56
Keadaan ekonomiku terpuruk. Keuanganku ludes. Saya... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Menjadi Seorang Perempuan, Istri, dan Ibu
Menjadi Seorang Perempuan, Istri, dan Ibu
Menjadi seorang ibu adalah sebuah pekerjaan yang tidak mudah. Seorang ibu melakukan banyak hal yang ...