Mencari Wajah Tuhan Sumber : jawaban.com

1 March 2017

 2121
[Daily Devotional]

Mencari Wajah Tuhan

Mazmur 69: 17-18

Janganlah sembunyikan wajah-Mu kepada hamba-Mu, sebab aku tersesak; segeralah menjawab aku! Datanglah kepadaku, tebuslah aku, bebaskanlah aku oleh karena musuh-musuhku.


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmu61; Marku5; Bilan5-6

Penglihatan bayi adalah indra yang paling lama berkembang. Sebelum mereka bisa fokus melihat, bayi yang baru lahir hanya bisa fokus ke arah wajah. Studi juga menemukan bahwa bayi baru mulai bisa mimik wajah lama setelah lahir. Saat seorang ibu tersenyum dan berinteraksi dengan bayi yang baru lahir, bayi itu akan kembali membalas senyuman. Hal yang sama juga akan ditunjukkan bayi saat mereka merasa tidak senang.

Sementara kalau sang ibu tidak membalas senyuman bayi, dia akan mulai merajuk, matanya akan kelihatan bigung dan wajahnya terlihat kosong. Seorang bayi belajar untuk mengenali bahasa isyarat dari orang lain, terutama ibu.

Kalau bayi tidak diberikan interaksi positif selama awal pertumbuhan, mereka akan mengalami hambatan dalam interaksi personal. Sebagai anak-anak, mereka akan menunjukkan emosi dalam menanggapi orang lain. Di beberapa negara, anak yatim duduk sendirian di boks dan mendapatkan sedikit kontak positif dengan orang dewasa. Akibatnya, mereka mengalami keterbelakangan secara emosional. Bahkan pertumbuhan fisik mereka terhambat. Interaksi bertatap muka diperlukan untuk perkembangan syang sehat.

Sebagai orang dewasa, kita juga berinteraksi dengan menatap wajah. Kita bisa mengamati bagaimana orang merespon. Kita bisa mengetahui apakah pendengar kita senang, geli, bahagia atau justru tak suka. Kita bisa menilainya dari wajah mereka. Lalu kita mulai membumbui cerita kita demi mendapat respon yang lebih besar, menambahkan pandangan pendukung atau segera mengakhiri percakapan.

Mungkin kita juga diciptakan demikian dalam hubungan kita dengan Tuhan. Dalam Mazmurnya, Daud pernah menyampaikan, “Tetapi aku, dalam kebenaran akan kupandang wajah-Mu, dan pada waktu bangun aku akan menjadi puas dengan rupa-Mu.” (Mazmur 17: 15) Daud menyampaikan perasaannya yang senang memandang wajah tuhan, dan dia adalah satu-satunya orang dalam Alkitab yang berulang kali mengatakan tentang wajah Tuhan. Dia juga orang pertama di Alkitab yang bisa merebut hati Tuhan. Apakah Daud bisa merebut hati Tuhan karena dia melatihnya? Mungkinkah Daud mendapatkan ekspresi dari Tuhan dan bukan dari orang-orang di sekitarnya?

Tuhan selalu melihat dan menunggu kita untuk memandang wajah-Nya. Sebagaimana seorang ibu yang begitu mengasihi bayinya, mata Tuhan tertuju kepada kita, menunggu kita untuk melihat-Nya dan kembali membalas senyuman. Kalau, kita ibarat seperti seorang bayi memandang kepada Allah, Dia pastilah akan memimpin kita dengan mata-Nya. Seperti kita membiarkan mata-Nya untuk membimbing kita, hidup kita akan mencerminkan kebenaran-Nya. Sebagaimana seorang bayi meresponi ibunya yang penuh kasih, kita juga akan senang dengan respon Tuhan.

Masalahnya adalah kita yang terlalu sibuk memberikan waktu untuk mau memandang ke dalam mata-Nya. Kita juga terganggu olah gaungan tentang apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Hasil survei menunjukkan bahwa gereja saat ini tidak terlihat begitu berbeda dari masyarakat sekuler. Hal itu menimbulkan tanda tanya besar soal bagaimana seharusnya kita bisa mendapatkan respon yang baik? Persoalannya adalah bahwa kita tampaknya belum mencari Tuhan lebih dalam.

Kalau kita tidak mencari wajah Tuhan, kita akan menjadi seperti bayi, terjebak di tempat tidur. Kita tidak akan mencerminkan pribadi Allah itu.  Mari merefleksikan kebenaran Allah kepada orang-orang di sekitar kita.

 

Seperti bayi yang senang dengan kasih sayang ibunya, begitulah kita harusnya senang mencari wajah Tuhan

Sumber : Cbn.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :

Andry Randa 22 June 2017 - 18:41:49
Terpuji namamu ya Alllah atas segala penyertaan hi... more..

Harvey Jeremy 22 June 2017 - 00:20:39
Salam sejahtera untuk saudara semua, kiranya Tuhan... more..

Bryan inzaghi 16 June 2017 - 20:43:01
Sekarang aku ingin mendaftar ke sekolah negri yg k... more..

Cindy 15 June 2017 - 18:47:03
Salam sejahtera, sy Cindy, menikah dgn pria kebang... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Penangkal Rasa Takut
Penangkal Rasa Takut
Pernahkah Anda mengalami situasi ini? Ketika Anda sedang melihat isi dompet atau rekening tabungan A...