Parah, Pemerintah Sudan Rencanakan Bongkar 25 Gereja!
Sumber: rescuechristians.org

Internasional / 22 February 2017

Kalangan Sendiri

Parah, Pemerintah Sudan Rencanakan Bongkar 25 Gereja!

daniel.tanamal Official Writer
3742

Pemerintah Sudan berencana membongkar setidaknya 25 bangunan gereja di wilayah Khartoum. Mereka mengklaim bahwa gereja-gereja tersebut dibangun diatas tanah yang diperuntukkan untuk kepentingan lain. Rencana tersebut mendapat protes keras dari para pemimpin-pemimpin Kristen di Sudan, yang menyebutkan bahwa rencana itu merupakan bentuk serangan sistematis dari pemerintah yang mengatasnamakan agama tertentu terhadap gereja-gereja. (Baca Juga: Seorang Pendeta di Sudan Lolos dari Hukuman Mati dan Dibebaskan)

"Saya mengeluarkan perintah untuk membongkar gereja-gereja yang berdiri ditanah yang seharusnya diperuntukkan untuk pemukiman dan taman bermain umum di lingkungan lokal East Nil,” ujar Mohamad el Sheikh Mohamad dari Departemen Pertanahan, Kementrian Perencanaan Bangunan, yang menyatakan bahwa langkah ini akan segera dilaksanakan.

Dewan Gereja-gereja Sudan telah melakukan konferensi pers pada 11 Februari untuk mengecam dan menyerukan agar pemerintah mempertimbangkan kembali keputusan atau menyediakan alternatif bagi gereja-gereja yang akan dibongkar tersebut. Bahkan Pendeta Mubarak Hamad, Ketua dari Dewan Gereja-gereja Sudan mengatakan pada sebuah konferensi Khartoum bahwa masjid yang terletak didaerah yang sama justru terhindar dari pembongkaran. (Baca Juga: Seperempat Juta Anak di Sudan Selatan Terancam Kelaparan)

"Sebagai jemaat gereja, kami tentu saja terkejut dengan langkah tersebut. Bangunan gereja ini telah berdiri sejak 1991. Kami selama tetap melakukan ibadah, namun tetap saja khawatir terhadap kemungkinan pembongkaran yang bisa saja terjadi setiap saat,” ujar seorang jemaat gereja kepada Morning Star News. (Baca Juga: Hadapi Hukuman Mati, Dua Pendeta Sudan Nyatakan Tidak Takut)

Sejak 2012, Gereja-gereja di Sudan telah mengalami pembongkaran dengan cara dibuldoser, bahkan terdapat anggapan bahwa karena agama Kristen adalah agama orang asing maka diharuskan untuk dikeluarkan dari Sudan. Bahkan kementerian yang mengurusi soal perwakafan tanah telah mengumumkan bahwa sejak April 2013 tidak aka nada lagi izin baru yang dikeluarkan untuk pembangunan gereja-gereja di Sudan. (Baca Juga: Lebih Dari 3.400 Umat Kristen Akan Dievakuasi dari Sudan)




Sumber : Daniel Tanamal - Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami