Apakah Mengajak Gebetan ke Gereja Adalah Ide Kencan Pertama yang Baik?
Sumber: itsdellaonline.blogspot.com

Single / 17 February 2017

Kalangan Sendiri

Apakah Mengajak Gebetan ke Gereja Adalah Ide Kencan Pertama yang Baik?

Lori Official Writer
12297

Sebagai generasi millennia yang sudah serba modern, dalam artian sudah hampir tak lagi mengadopsi aturan-aturan gereja yang dianggap kuno, tentu akan sulit sekali menemukan anak muda yang benar-benar melakukan hal yang sesuai dengan firman Tuhan (baca Hakim-hakim 17: 6; 21: 25). Ini jadi tantangan baru yang dihadapi orang-orang Kristen di jaman ini. Bahkan mencari pasangan sepadan (dalam artian; seiman) pun seperti mencari jarum di tumpukan jerami.

Pertanyaan buat kamu-kamu anak muda adalah ‘Bagaimana kamu bisa memutuskan seseorang yang tepat buat kamu? Bagaimana kamu tahu kalau dia benar-benar hidup dalam Tuhan? Atau malah dia hanyalah orang Kristen biasa-biasa saja, yang cuma melakukam ritual ibadah biasa-biasa saja sepanjang tahun? Apakah iman Kristennya benar-benar dihidupi dan bahkan menjadikannya pilar dalam hidup?

Lalu kalau ada seseorang yang memang sedang menarik hatimu dan pengen sekali mengenal dia lebih dekat lagi, apakah mengajak dia ke gereja di kencan pertama adalah ide yang bagus? Yuk kita bahasa hal ini secara mendalam.

Kasih kesempatan untuk kalian saling mengenal

Tujuan utama dari berkencan adalah supaya satu sama lain saling mengenal. Misalnya untuk lebih memahami karakternya, apa yang jadi fokus hidupnya apa hal yang paling penting dalam hidupnya dan sebagainya. Kalau dia jelas-jelas seiman, dalam artian dia adalah Kristen juga, kamu berarti sudah punya panduan untuk mengarahkan kepentinganmu bersama dia. Karena itu, pergi ke gereja di kencan pertama bisa jadi ide yang sangat baik untuk mengetahui bagaimana sebenarnya hubungan dia dengan Tuhan. Hal ini akan memicu percakapan yang lebih banyak tentang gereja dan kehidupan iman kalian.

Kencan pertama kamu memang nggak perlu harus dengan cara yang kaku. Misalnya, bertatap muka atau bicara seperti bentuk wawancara. Karen acara berkencan seperti ini hanya akan membuat si dia merasa tidak nyaman. Gereja, bagaimanapun, adalah tempat dimana kalian bisa saling duduk berdampingan. Hal ini tentu sangat baik untuk membangun koneksi tanpa adanya tekanan kondisi ketidaknyamanan saat harus saling bertatap muka.

Cara pandang dari aspek Sosial

Dari sudut pandang sosial, mengajak gebetan ke gereja untuk kencan pertama juga dianggap menarik. Karena di gereja kalian bisa membangun peluang percakapan yang lebih interaktif, bukan hanya diantara kalian berdua saja tapi juga orang lain di gereja. Dari interaksi itu kamu bisa semakin mengenal dia, “Apakah dia adalah pribadi yang mudah berinteraksi dengan orang lain? Apakah dia introvert atau ekstrovert? Apakah dia terlihat canggung dan menjawab seperlunya dan bahkan tidak memberikan umpan balik saat kalian berbicara?” Ini sangat penting!

Kamu bisa lebih mengenal seseorang saat berbicara dengan dia. Kamu bisa menangkap bagaimana kepribadiannya, bagaimana dia bersikap kepada orang lain atau seberapa tinggi tingkat narsis yang dia punya.

Cara pandang dari aspek spiritual

Dari aspek spiritual, mengajak gebetan ke gereja di kencan pertama bisa menjadi pertimbangan besar. Jika kamu serius sekali untuk bisa menemukan seseorang yang kompetibel dan juga serius soal imannya, kenapa tidak memulainya dengan mengajaknya ke gereja?

Kalau dia benar-benar mau menghadiri ibadah gereja denganmu, itu artinya dia menghormatimu dan cukup terbuka.

Tentu saja semua orang pengen berkencan dengan pribadi yang menghormati dan menghargai kepentingan orang lain. Bahkan meskipun kencan itu pada akhirnya gagal, hal itu mungkin saja jadi cara Tuhan supaya kamu bisa memperkenalkan Yesus kepadanya (Markus 16: 15; Yohanes 3: 17).

Melakukan kencan pertama di gereja akan sangat membantu untuk memecahkan beberapa hambatan dan memungkinkanmu menemukan soal siapa dia. Kenapa nggak merencanakan hal ini dari awal hubungan? Tentu saja, sebelum berkencan, berdoalah terlebih dulu. “Tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” Filipi 4: 6

Sumber : Christianmingle.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami