Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

vjay

Official Writer
1771


Pilkada serentak sudah dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk salah satunya DKI Jakarta. Ibu kota negara kita ini menjadi pusat perhatian, bukan hanya oleh masyarakat Indonesia, namun juga dunia. Karena menurut beberapa pendapat pengamat politik, keberhasilan Pilkada DKI Jakarta bisa menjadi barometer kondisi Indonesia bahkan memprediksi seperti apa Pemilu pada tahun 2019 nanti. 

Pilkada DKI Jakarta kali ini memang terbilang heboh, persaingan politik menjalar hingga jalur hukum. Berbagai cara digunakan untuk menjatuhkan lawan politik, mau diakui atau tidak, hal itu terjadi. Lalu apa yang bisa kita pelajari dari pelaksanaan pilkada di 2017 kali ini yang bisa kita terapkan dalam hidup dan juga bisnis atau usaha kita?

1#  Integritas itu sangat penting dan tidak mudah dihancurkan 

Salah satu tokoh yang menghadapi serangan hebat dalam pilkada kali ini adalah Basuki Tjahaja Purnama. Diserang dan di caci bahkan menjalani proses hukum yang melelahkan. Namun intergritas dirinya tidak hancur oleh semua itu, ia tetap bisa tersenyum dan menjalani semua tugasnya bahkan memikat hati mereka yang mungkin sebelumnya sempat ragu. 

Membangun integritas tidak hanya dalam satu malam, hal ini merupakan perjalanan hidup dan akan mengalami ujian demi ujian. Seorang yang berintegritas perkataannya dapat dipercaya, ia mengkomunikasikan maksudnya dengan jujur, tidak membuat janji-janji yang muluk-muluk, ia pribadi yang transparan, fokus dan terbuka. 

Nah, apakah kamu juga pribadi yang berintegritas? Jika jawabannya "Ya", maka jangan takut dengan berbagai gunjingan orang, atau bahkan fitnah yang dilontarkan kepadamu. Pada akhirnya, integritasmu akan menjadi saksi akan siapa sebenarnya dirimu. 

2# Bangun porfolio yang terpercaya 

Porfolio atau catatan dan dokumentasi atas pencapaian dan prestasi seseorang merupakan bagian penting lainnya dalam membangun pengaruh. Dalam Pilkada DKI 2017 kali ini kamu bisa membandingkan porfolio masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, meneliti rekam jejak mereka, apa yang sudah dilakukannya, sehingga kamu bisa memperkirakan kemampuannya dalam mewujudkan visi dan misi yang sudah dijanjikan. 

Bagaimana dengan porfoliomu? Apakah ketika kamu menawarkan jasa dan produkmu kamu bisa memberikan porfolio yang terpercaya sehingga calon klienmu bisa diyakinkan?

Selain pelayanan yang baik dan produk yang bagus, untuk membuat porfoliomu menjadi dasar pertimbangan yang kuat bagi calon klienmmu,  kamu bisa menambahkan komentar dari beberapa klien yang telah menggunakan jasa atau produkmu.

3# Presentasikan produk atau jasamu tanpa menjelekkan sainganmu

Dalam tiga kali debat pilkada yang lalu, masyarakat bisa melihat bagaimana para calon gubernur dan wakil gubernur memaparkan visi misi mereka dan juga menguji pemikiran dan visi misi calon lainnya. Hal yang bisa dengan jelas kita lihat adalah dimana mereka saling menyerang dengan berbagai strategi. 

Maksud mereka adalah ingin melemahkan elaktibilitas lawan, namun hal ini mengkompromikan integritas mereka. Hal yang sama juga berlaku dalam kehidupan dan bisnis. Saat kamu mempresentasikan produkmu atau jasamu, jangan pernah menjelek-jelekkan sainganmu. 

Kamu harus belajar apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan produk sainganmu guna memperbaiki produkmu, namun jangan kekurangan lawanmu dalam presentasi. Karena tanpa harus kamu beritahu, pasti calon klienmu akan mencari pembanding.

4# Siap menang dan siap kalah

Dalam persaingan apapun, ada yang menang dan ada yang kalah. Termasuk dalam Pilkada 2017 kali ini. Pasangan Agus-Sylvi menunjukkan sikap sportif ini, mereka menghubungi pasangan cagub dan cawagub yang menjadi lawannya dan memberikan ucapan selamat saat quick count menunjukkan data bahwa mereka tersingkir dari persaingan. 

Sikap ini harus kamu miliki dalam hidup dan dunia bisnis. Persaingan mungkin bisa berlangsung sengit, namun ketika hasilnya sudah keluar, terimalah dengan lapang dada. Tetap jaga hubungan dengan klien bahkan dengan pesaing-pesaingmu, karena kamu tidak akan pernah tahu kapan kamu akan butuh bantuan dari mereka. 

5# Rayakan kemenangan boleh, namun jangan lupa diri, masih ada putaran ke dua

Ya, masih ada putaran ke dua menanti. Ada dua pasangan calon cagub dan cawagub yang memperoleh suara yang terpaut tipis, para pendukung tentu senang dan merayakannya. Namun semua itu tidak berhenti disana, masih ada perjuangan selanjutnya yang menanti. 

Demikian juga dalam hidup, tidak ada kemenangan akhir, karena setelah itu ada perjuangan lain yang menanti. Begitu juga bisnis, ketika kamu berhasil mendapatkan klien, tugas selanjutnya adalah membuat klien itu puas dengan produk dan hasil kerjamu. Boleh rayakan, namun jadikan perayaan itu sebagai penyemangat untuk melanjutkan perjuanganmu, bukan sebagai sebuah akhir. 

Nah, sambil nunggu putaran kedua, siapa sih calon unggulanmu di Pilkada DKI 2017 ini? 

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Heri Sinuhaji 19 April 2018 - 22:18:43

Adam dan hawa

0 Answer

Barda Simatupang 10 April 2018 - 22:15:21

Korban bakaran

1 Answer

Maria Francisca 9 April 2018 - 21:46:27

Syallom, saya ingin share dan semoga berkenan di r.. more..

1 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week  3


7412

advertise with us