Jalan-jalan ke Filipina? Sempetin Dah ke ‘Salib’ di Tengah Laut Ini..
Sumber: InterAksyon.com

Entertainment / 16 January 2017

Kalangan Sendiri

Jalan-jalan ke Filipina? Sempetin Dah ke ‘Salib’ di Tengah Laut Ini..

Lori Official Writer
5720

Siapa yang sangka kalau ternyata ada salib yang dibangun di tengah lautan loh! Kog bisa? Ya, pastinya bisa donk. Buktinya Sunken Cemetery atau salib besar yang ada di Bonbon, Catarman, Filipina salah satunya.

Buat kalian yang bakal jalan-jalan ke Filipina, jangan sampai nggak ke Sunken Cemetery dah. Soalnya, salib yang satu ini fenomenal abis loh. Pasalnya ini Salib katanya dibangun sama pemerintah Provinsi Catarman sendiri sebagai simbol dari peringatan peristiwa bencana alam vulkanik yang menenggelamkan sebagian besar kota Catarman pada 1871 silam, termasuk tempat pemakaman umat Kristiani. Jadi sebagai penanda dari makam yang sudah tenggelam ini, didirikanlahbatu nisan salib besar ini.

 

Tapi tahu nggak sih, bukannya terkesan menyeremkan salib besar ini justru diminati sebagai pusat diving atau penyelaman bagi mereka yang datang berkunjung.

Kalau mau tahu sejarah lengkapnya, kamu perlu simak baik-baik ya. Konon katanya, tahun 1871-1875 terjadi peningkatan aktifitas gunung berapi Hibok-Hibok dan Gunung Vulcan. Lalu tepatnya pada 16 Ferbruari 1871 gempa bumi mulai terasa di pulau itu. Lalu gempa terus menerus terjadi dan menyebabkan retakan vulkanik sampai ke desa-desa di provinsi Catarman. Gunung Vulcan pun meletus dan menyemburkan lava ke laut. Pada saat yang bersamaan, air laut yang semakin meninggi akhirnya meluap dan menghancurkan sebagian besar kota Catarman. Yang tersisa hanya reruntuhan gereja Spanyol kuno, sebuah biara dan menara lonceng.


Sunken Cemetery yang dibangun di Pulau Camiguin ini menjadi peringatan dari peristiwa nahas itu. Salib yang didirikan pada tahun 1982 ini sudah banyak memberikan kontribusi besar bagi masyarakat serta para wisatawan. Ini jadi tempat yang indah untuk mengenang saudara-saudara kita yang jadi korban. Saat air laut pasang, setengah bagian dari salib ini akan tenggelam. Karena itu pengunjung harus menyeberang menuju Sunken Cemetery dengan perahu nelayan. Tapi saat air laut surut, pengunjung bisa menyaksikan salib ini secara utuh.

Gimana, tertarik pengen ke sana? Dari sekarang coba-coba cari info deh biar lebih gampang ke sananya.

Sumber : Amusingplanet.com/Mindanaotours.com
Halaman :
1

Ikuti Kami