Presiden Mesir Janjikan Bangun Gereja Terbesar Mesir
Sumber: egyptembassy.net

Internasional / 13 January 2017

Kalangan Sendiri

Presiden Mesir Janjikan Bangun Gereja Terbesar Mesir

Lori Official Writer
3879

Presiden Abdul Fattah al-Sisi menyampaikan kabar baik kepada seluruh umat Kristen bahwa dirinya sudah mengalokasikan dana senilai 100 ribu pound Mesir untuk proyek pembangunan gereja dan masjid. Dari dana ini, al-Sisi akan membangun gereja terbesar di seluruh Mesir. Dia menyampaikannya saat hadir di perayaan Natal di Katedral Ortodoks Koptik Kairo yang digelar oleh Patriark Tawadros II.

Presiden al-Sisi juga menegaskan dirinya akan berkomitmen untuk membangun kembali gereja-gereja yang rusak atau hancur akibat kerusuhan saat Presiden Islamis Mohammed Morsi dilengserkan pada tahun 2013.

Komitmen al-Sisi dalam membangun kerukunan beragama memang cukup serius. Dibuktikan dengan kinerjanya dalam pembangunan kembali kapel Boutrossiya Cario yang rusak parah akibat bom bunuh diri yang terjadi pada bulan Desember silam.

Al-Sisi juga menyampaikan keprihatinannya terhadap serangan brutal yang belakangan ini menimpa gereja-gereja di Mesir. Bahkan saat bom bunuh diri yang terjadi Desember lalu pun, dirinya memerintahkan untuk memberikan pemakaman kenegaraan bagi sebanyak 27 korban tewas.

Tahun 2015 lalu, al-Sisi juga memuji Kristen Mesir atas ‘kebijakan dan samangat patriotisme’ yang mereka tunjukkan. Dia juga memuji rasa persatuan yang tetap terpelihara di tengah-tengah hasutan orang-orang untuk memecah belah umat beragama Mesir.

Konflik dan perpecahan di tengah umat beragama Mesir terjadi sejak tahun 2011 silam. Tindakan eksekusi kelompok teroris ISIS terhadap 21 pekerja Migran Kristen Mesir pada bulan Februari 2015, menjadi sejarah terburuk Mesir.

Seperti diketahui, Mesir adalah negara mayoritas Muslim, dimana sekitar 9 juta penduduknya Kristen, yang sebagian besar adalah Ortodoks Koptik. 

Sumber : CT/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami