Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1420


Awal tahun adalah kesmepatan bagi kita untuk menyusun daftar resolusi baru dalam berbagai hal, mulai dari pergi ngegym, mulai hidupi pola hidup sehat, lebih rajin baca buku, menulis, lebih banyak ikut kegiatan sosial dan sebagainya.

Kita menyusunnya dengan harapan supaya akan terjadi perubahan atas diri kita sendiri. Tapi tahukah kamu, ternyata perubahan atau transformasi nggak selalu akan terjadi saat kita melakukan hal-hal baru saja loh. Ternyata mengubah beberapa hal dari diri kita juga sangat penting.

Efesus 4 : 22-23 menuliskan, “…kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan,supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu…” Ayat ini bilang supaya kita juga perlu mengubah beberapa kebiasaan, pemikiran dan sesuatu yang kurang baik yang kita lakukan. Hal-hal yang harus diubah itu mungkin mencakup:

1. Terlalu khawatir

Filipi 4:6 menasihatkan kita supaya kita jangan kuatir tentang apapun juga, tetapi sepatutnya menyampaikan kekhawatiran itu dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur kepada Allah.

Mari mencoba untuk sedikit khawatir dan lebih banyak mempercayai Tuhan untuk melakukan hal-hal yang besar dalam hidup kita.

2. Membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Kebiasaan membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanya akan menimbulkan iri hati dan kebencian. Kita nggak perlulah harus berjuang mati-matian untuk membuktikan bahwa kita jauh lebih baik dari orang lain. Sebaliknya, tetaplah bersyukur atas apa yang kamu miliki.

3. Suka mengeluh

Keluhan dan gerutuan bangsa Israel membuat mereka harus menjalani perjalanan yang tiada hentinya selama 40 tahun di padang gurun. Keluhan mereka sebenarnya adalah penyebab yang membuat mereka semakin kehilangan arah di tengah perjalanan mereka. Kalau kamu adalah pribadi yang suka mengerutu atau mengeluh di tahun-tahun sebelumnya, maka di tahun ini yuk cobalah mulai mengubahnya dengan memusatkan fokus kepada Tuhan. Lebih sabar, lebih menguasai diri dan lebih taat kepada apa yang Tuhan mau untuk kita jalani.

4. Mudah puas

Mudah merasa puas dalam hidup, harusnya jadi musuh besar kita dalam hidup. Saat kita hanya merasa puas dengan zona nyaman kita sendiri, itu artinya kita memilih berhenti dan nggak lagi berhasrat melakukan sesuatu yang jauh lebih besar baik dalam hal iman maupun kapasitas kita. Jangan sampai tahun 2017 yang penuh dengan kesempatan ini kita sia-siakan hanya karena sifat puas diri ini.

5. Malas

Salah satu tantangan paling besar bagi masyarakat dunia saat ini adalah keterikatan kita dengan media sosial dan smartphone. Tanpa sadar, kita banyak buang-buang waktu hanya memantengin gosip atau info-info yang nggak baik dari dunia maya. Akibatnya, produktifitas kita menurun dan kita jadi semakin ketagihan.

6. Menahan rencana Tuhan

Ingat tidak kisah Yunus yang nggak mengelak dari panggilan Tuhan? Jangan sampai kita mengulangi perbuatan keliru Yunus ya! Karena mungkin Tuhan sudah punya banyak rencana buat kita tahun ini, tapi karna kita nggak taat kita mencoba melarikan diri dari rencana itu. Kita seperti menahan rencana Tuhan tergenapi lewat hidup kita. Jangan salahkan Tuhan donk kalau ada akibat yang tak terkira yang bakal terjadi, nggak ada bedanya sama Yunus!

Jadi, kalau Tuhan emang udah siapin kita beberapa rencana baru di tahun ini. Misalnya, dapat kerjaan baru, pindah ke kota asing, mulai membangun hubungan baru, maka kembalilah mempercayai Tuhan dan berjalan dengan iman untuk menggenapi rencana itu tahun 2017 ini.

7. Tetap bertahan dalam hubungan yang buruk

Di satu sisi kita perlu membangun banyak relasi dengan orang lain dan di sisi lain kita juga perlu mengoreksi kembali beberapa hubungan yang kurang baik. Hal ini kita lakukan supaya saat kita menjalani tahun 2017 ini, kita nggak tersandung dengan kesalahan yang sama yang kita buat di tahun sebelumnya. Jangan pernah pertahankan hubungan yang udah banyak membuatmu sedih dan kecewa. Sebaliknya, tegaslah sama diri sendiri kalau kamu memang layak bahagia dan pantas mencapai lebih banyak hal lewat orang-orang yang kamu kasihi dan hormati.

Pilihlah untuk mengawali tahun ini dengan satu komitmen untuk membereskan terlebih dulu kebiasaan yang menghambatmu mengalami terobosan. Ambil waktu merenung, kalau perlu tuliskan kebiasaan-kebiasaan yang perlu kamu ubah itu.

Selamat mengalami hal-hal menakjubkan di tahun 2017 ini teman!

Sumber : Christiantoday.com/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

ESAR HADON HASIBUAN 10 December 2017 - 11:08:45

Shalom ,jc talk saya ingin pencerahan bagaimana sa.. more..

1 Answer

Elma 9 December 2017 - 11:57:05

bagaimana seorang introvet bisa mengubah kepribadi.. more..

1 Answer

Elma 9 December 2017 - 11:55:56

bagaimana caranya agar selalu percaya diri

0 Answer


Veronica 10 December 2017 - 04:16:41
Shalom, Saya mohon bantuan doa nya, saya adalah se... more..

Risma warisman 8 December 2017 - 20:58:04
Mlm bapak ibu mohin dulungam doanya... saya sangat... more..

Tika Elfrida P 1 December 2017 - 22:55:16
Selamat malam JC, mohon dukungan doa agar lebih fo... more..

Nicko Agusta 30 November 2017 - 10:28:57
Hari ini, 30 November 2017 berkas studi dan pengaj... more..

Banner Mitra Week 2


7334

advertise with us