Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
2348


Pengalaman adalah guru terbaik kehidupan. Dan hal ini berlaku dalam perjalanan rumah tangga. Jika di tahun 2016 silam sudah banyak hal yang sudah dijalani bersama pasangan, mulai dari sederet masalah, konflik ataupun kemelut akibat ego pribadi sehingga merasa masih belum bisa menjadi suami dan ayah yang baik, maka di tahun yang baru ini para suami masih tetap punya kesempatan untuk memperbaiki diri dan bertekad menjadi pasangan yang lebih baik lagi.

Jika ingin merasakan perbedaan yang nyata di tahun ini, mungkin kamu perlu melakukan 7 resolusi ini.

1. Berani menghadapi konflik

Kehadiran konflik di tengah pernikahan adalah sesuatu yang biasa. Meski begitu, konflik sekecil apapun yang terjadi jika tak dihadapi dengan cara yang tepat akan berujung pada kehancuran. Nah, kalau di tahun 2016 lalu kamu merasa sikap menghindar adalah sesuatu yang tidak menyelesaikan masalahmu dengan pasangan, maka di tahun ini cobalah untuk mulai menghadapi segala kemelut dalam hubungan dengan lebih bijak. Selesaikan masalah secara terbuka dengan istri.

2. Menjadi pembawa damai

Berdebat dengan pasangan tidak akan menyelesaikan masalah. Sebaliknya, mengalah adalah salah sikap yang berkuasa meruntuhkan kesombongan. Kalau kamu memang mengasihi pasanganmu, maka biarkan mereka menang secara sepihak, karena bagaimana pun jangan pernah menilai diri sebagai pribadi yang lebih benar.

3. Membuat pasangan bahagia

Kalau perlu tanyakan ke pasangan, apa sih yang membuat dia bahagia? Kalau dia merasa tak nyaman dengan pertanyaanmu, ganti pertanyaanmu. Mungkin bisa tanyakan seputar hal apa yang ada dirimu yang seringnya membuat dia tersakiti? Saat dia mengungkapkan segala isi hatinya, cobalah untuk hanya mendengar. Jangan pernah membantah dan membenarkan diri. Dengarkan saja! Apapun yang dia sampaikan percayalah bahwa dia mengatakan hal yang sebenarnya dia rasakan. Jika sikapmu benar-benar sudah melukainya, berjanjilah untuk tidak melakukannya lagi dan akan membahagiakan pasanganmu.

4. Berikan pujian kepada pasanganmu

Tunjukkan kebanggaanmu kepada pasangan baik dalam hal kecil mapun besar. Ucapkan ‘terima kasih’ atas menu makan malam yang sudah dia hidangkan. Puji dia atas skerja kerasnya dalam mendidik anak-anak kalian.

5. Peka pada urusan-urusan kecil

Pada umumnya pria adalah mahluk yang pelupa dan tak peka. Padahal kepekaan dan rasa perhatian justru menjadi hal yang sangat penting dalam membangun hubungan dengan pasangan. Bila kamu memang benar-benar ingin membuat sebuah resolusi besar tahun ini, maka cobalah dengan menjadi pasangan yang peka dengan hal-hal sekecil apapun. Misalnya, membuat kejutan ulang tahun pernikahan, membelikan karangan bunga atau mengajaknya sekali-kali berlibur.

6. Mendukung hobi pasangan  

Berbeda hobi dengan pasangan bukan berarti tak mau peduli dengan apa yang kalian masing-masing gemari. Jika tahun lalu kamu masih membiarkan dia melakukan hobinya sendirian, maka cobalah untuk ikut berpartisipasi atau setidaknya mendukung hobi yang digemarinya mulai saat ini. Cobalah untuk menikmati sesuatu yang menarik perhatiannya.

7. Lebih bijak dalam mempergunakan uang

Krisis keuangan bisa jadi pemicu timbulnya berbagai konflik dan pertengkaran pasangan suami istri. Untuk itu, cobalah mencari jalan keluar supaya kalian tak lagi mengalami krisis keuangan seperti tahun sebelumnya. Misalnya, mulai mengurangi belanja yang tak perlu, menabung atau berinvestasi.

Tahun baru adalah peluang untuk memulai hal-hal yang lebih baik dan merengkuh kembali setiap kebahagiaan yang belum tercapai di tahun sebelumnya. Jika kamu dan istri percaya bahwa tahun ini adalah tahun yang akan jauh lebih baik bagi pernikahan kalian, maka bekerja samalah untuk melakukan hal-hal yang baik. 

Sumber : Huffingtonpost.com/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Heny muni Muni 22 August 2017 - 14:12:31

ketika saya mengumuli suatu persoalan terkadng say.. more..

1 Answer

Darien E 22 August 2017 - 11:08:24

Bagaimana cara mendengar suara Tuhan? Apakah suara.. more..

1 Answer

bagusp 22 August 2017 - 09:54:46

Siapakah Yesus itu,,?

1 Answer


Jimmy Sumampouw 23 August 2017 - 12:59:29
Saya kemasukan roh gaib dan merasa sesuatu aneh da... more..

Laurentius Yohanes 22 August 2017 - 20:56:14
Shalom. Saat ini begitu banyak masalah, persoalan,... more..

charles tamaela 21 August 2017 - 17:06:34
Syallom Saya charles tamaela Sedang dlm pergumulan... more..

Jimmy Sumampouw 21 August 2017 - 04:19:39
Saya kemasukan roh halus dalam tubuh saya dan roh ... more..

Banner Mitra Week  3


7289

Banner Mitra Week  3