Share this article :

4 Cara Mencegah Makan Berlebihan Selama Liburan

 Tue December 27th, 2016
 323

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

4 Cara Mencegah Makan Berlebihan Selama Liburan Sumber : http://www.canadianliving.com

Ini adalah libur panjang yang menyenangkan dan sekaligus menantang. Karena selain memberi kita waktu untuk beristirahat dari segala rutinitas kerja, liburan kali ini juga menjadi momen tepat untuk menikmati kenikmatan Natal dan Tahun Baru 2017.

Sudah menjadi tradisi bila kita merayakan momen hari besar ini disertai dengan beragam pesta, makanan, acara dan minuman beralkohol. Berlimpahnya berbagai macam makanan membuat kita kalap dan tak lagi memikirkan kesehatan tubuh. Akibatnya, sejumlah orang kemudian mengeluh karena berat badannya meningkat drastis. Sebagian lain mengeluhkan kondisi diabetes dan koleksterol yang semakin memburuk.

Jika Anda benar-benar ingin mengontrol pola makan selama liburan ini, empat cara ini bisa membantu Anda.

1. Makanlah dengan perlahan

Hal ini berlaku sepanjang liburan tahun ini. Karena semakin cepat Anda makan, semakin banyak makanan yang bisa Anda santap tanpa kontrol. Seseorang bisa makan dalam waktu tiga sampai lima menit dan hal itu membuat lambung menjadi terbiasa. Jika Anda ingin mengontrol pola makan, usahakanlah untuk makan setidaknya limabelas sampai dua puluh menit sekali agar lambung bisa bekerja dengan normal. Jika Anda berada di sebuah pesta, ingatkan diri Anda supaya tidak makan terburu-buru karena setelah menghabiskan satu menu makanan dengan cepat, Anda pasti ingin mencicipi makanan lain.

2. Jangan pergi ke sebuah acara dengan kondisi lapar

Saat Anda menghadiir sebuah acara dengan kondisi lapar atau belum makan, Anda akan cenderung berpikir untuk makan dan menghabiskan apapun yang terhidang di sana. Teori ini sama seperti membawa cukup uang untuk berbelanja di mall atau supermarket agar Anda bisa mengontrol diri untuk hanya membeli barang-barang kebutuhan yang dibutuhkan saja.

Jadi, sebelum berangkat ke sebuah acara malam Natal atau Tahun Baru, pastikan untuk mengisi perut Anda dengan makan yang mengandung protein, serat dan lemak sehat untuk membantu Anda tetap merasa kenyang lebih lama dan menghindari makan berlebihan nantinya.

3. Makanan berprotein dan sayur-sayuran sebelum makan

Jika Anda diundang dalam sebuah acara dan belum bisa makan terlebih dahulu. Isilah lambung Anda terlebih dahulu dengan makanan berprotein dan berserat tinggi. Makanan ini akan membuat perut Anda terasa nyaman dan kenyang sehingga Anda tak lagi berhasrat menikmati makanan-makanan manis yang banyak mengandung lemak dan gula.

4. Banyak minum

Selain mengkonsumsi banyak protein, serat dan lemak alami, meminum air juga adalah hal yang penting bagi kesehatan. Sinyal dehidrasi sering disalah artikan dengan efek lapar. Namun dengan meminum air satu atau dua gelas air sangat berguna untuk menahan selera makan. Jadi, minumlah satu atau dua gelas air sebelum makan untuk mengontrol nafsu Anda melahap beragam hidangan lezat.

Jika Anda rasanya terlalu sulit menerapkan tips-tips di atas, mungkin cara yang satu ini bisa menjadi alarm yang ampuh mengontrol Anda dari nafsu makan berlebihan. Apa itu? Ingatlah bahwa ‘menjaga tubuh tetap sehat adalah sebagian dari ibadah’.

Selamat menikmati liburan, kiranya sukacita dan kebahagiaan tetap ada bersama-sama dengan kita semua. 

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Virchelia Betellus 26 February 2017 - 11:23:26
Saya minta dukungan doa untuk kakak saya yg bernam... more..

Vico Surajaya 25 February 2017 - 10:28:08
Mohon Dukungan Doa & Menang dalam Iman akan Janji ... more..

GUSTI WANDI BATO 21 February 2017 - 17:06:47
Syalom.. Mohon dukungan doanya saat ini saya sedan... more..

DuniaFlanel 19 February 2017 - 16:51:46
Sejak tgl 13 Januari, saya sudah mengikuti perseku... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
18 Orang Teman-temanku Ikut Komsel Generasi Zeru!
18 Orang Teman-temanku Ikut Komsel Generasi Zeru!
Mitra, siswi kelas 3 di salah satu SMK di Jakarta adalah salah satu anak muda yang mengikuti trainin...