7 Cara Cerdas Menolong Anak Membuat Resolusi Tahun Baru
Sumber: Snagajob.com

Parenting / 26 December 2016

Kalangan Sendiri

7 Cara Cerdas Menolong Anak Membuat Resolusi Tahun Baru

Budhi Marpaung Official Writer
2983

Tahun yang baru sudah di depan mata. Kurang dari satu minggu, kita semua akan memasuki tahun 2017. Apakah Anda senang mengetahuinya? Semoga saja iya! Satu hal yang paling membuat semangat tentu saja adalah resolusi.

Sebagai orangtua, semangat untuk membuat resolusi setiap tahun baru tentu ingin kita tularkan juga kepada anak-anak kita. Mengapa? Karena itu hal yang baik untuk dilakukan.

Berikut ada 7 cara cerdas menolong anak membuat resolusi tahun.

1. Jadilah teladan dalam hal resolusi tahun baru

Anak pada umumnya mengikuti apa yang ditunjukkan oleh orangtua kepadanya. Jangan pernah berharap buah hati Anda akan mau dengan kesadaran sendiri jika Anda sebagai orangtua tidak memberikan keteladanan dalam melakukannya.

2. Lakukan pendekatan positif dalam membuat resolusi

Minta Anda sebelumnya untuk mencatat hal baik apa yang telah dikerjakannya selama setahun ini. Tanyakan kepadanya, yang mana yang perlu ditingkatkan di tahun depan, lalu apa yang membuat hidupnya jadi lebih baik dan bahagia.

Satu yang perlu diingat jangan mendikte anak saat dia membuat resolusi tahun barunya.

3. Persempit resolusi yang dibuat

Jika anak membuat banyak hal yang ingin dilakukan di tahun depan, arahkan dia untuk memilih dua atau tiga hal yang akan difokuskannya di tahun depan. Terlalu banyak hal yang ingin dilakukan biasanya akan membuat tidak ada satu pun yang terealisasi.

4. Buatlah langkah-langkah kecil untuk mencapai hal-hal yang menjadi resolusi

Setelah sudah terfokus dua atau tiga yang akan ditingkatkan di tahun depan, bimbinglah dia dengan tindakan-tindakan kecil untuk mencapai hal itu. Bila dia ingin semakin lancar dalam bermain drum, doronglah dia untuk memikirkan apa yang bisa mewujudkan hal itu. Kalau dia bingung, jawablah dengan memakai sedikit petunjuk misalkan “latihan”. Selanjutnya biarlah dia yang mengisinya.

5. Tindak lanjuti dan jangan mengomeli

Lakukan pengecekan secara periodik bersama anak tentang sejauh mana dia telah melakukan resolusinya. Jangan langsung menjatuhkan penghakiman atas sesuatu yang tidak berjalan semestinya.

Berikan semangat dan opsi pilihan jalan lain untuk mencapai resolusinya tersebut.

6. Buatlah resolusi keluarga bersama

Resolusi dapat membuat keluarga semakin mendekat, khususnya jika Anda memutuskan untuk merancang tujuan akhir bersama di tahun depan.  

7. Jadikan membuat resolusi itu sebuah ritual atau kebiasaan di dalam keluarga

Ketika Anda duduk bersama dengan anggota keluarga lainnya dan berbincang-bincang mengenai topik yang sama, itu sudah satu poin positif. Akan tetapi, Anda bisa membuatnya menjadi satu waktu yang bermakna apabila Anda menjadikan hal ini sebagai kebiasaan di dalam keluarga.

 

Resolusi bukanlah beban, tetapi sesuatu yang mengasyikkan. Selamat mengajarkan anak membuat resolusi untuk tahun 2017! 

Sumber : parents.com
Halaman :
1

Ikuti Kami