Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Angelia Agatha

Official Writer
2892


Mengingat kejahatan yang semakin marak, rasanya kita harus memiliki pengetahuan dasar untuk melindungi diri kita saat dalam bahaya. Berikut ini adalah tips pencegahan dan cara menghindari diri dari bahaya tanpa harus ahli bela diri atau jago berolahraga. Meskipun tips ini bukan semata-mata menggantikan self defense yang professional, tapi setidakna dapat membantu kita disaat sulit.

1. Zip Tie

Zip tie atau kabel tis ini umum kita temui sehari-hari yang bakal sangat membantu saat kita dalam bahaya. Selain mudah dicari di took-toko swalayan, bentuknya yang tipis dan kecil akan menghemat tempat di tas kita sehingga bisa dibawa banyak sekaligus. Penggunaanya dapat mengganti borgol yang akan membantu kita. 

2. Berhenti Setiap Lantai di Lift

Apabila Anda merasa diikuti saat berada di gedung tinggi, baik kantor, mall, atau gedung lainnya, memencet semua tombol lantai saat berada di lift dinilai dapat membantu Anda keluar dari situasi berbahaya. Karena orang jahat akan ragu untuk menyerang Anda karena sebentar-sebentar lift terbuka. Meskipun terlihat sangat mengganggu, setidaknya kita akan lebih aman.

3. Pergi ke Dapur

Kalau Anda sedang berada dirumah saat ada orang lain yang tidak dikenal berusaha menerobos masuk, segeralah lari ke dapur. Karena di dapur Anda dapat menemukan benda-benda tajam seperti pisau atau gunting. Meskipun tidak berniat menyakiti orang tersebut, setidaknya orang tersebut akan berpikir dua kali untuk menyerang Anda. Jika tidak ada, setidaknya Anda bisa menjatuhkan panci supaya membuat kegaduhan sehingga menarik perhatian tetangga.

4. Download Aplikasi Keamanan

Beberapa aplikasi keamanan sudah marak dipasarkan di smartphone. Beberapa aplikasi tersebut dapat mengontak nomor-nomor emergency yang Anda sudah simpan sebelumnya. Bahkan beberapa smartphone sudah melengkapi software ini saat Anda membelinya. Jangan lupa mengaktifkan lokasi di smartphone Anda.

5. Mengingat Ilmu Dasar Self Defence

Saat Anda diserang, baiknya Anda mengingat beberapa ilmu gerakan dasar untuk melindungi diri Anda sendiri. Seperti menyerang titik-titik kelemahan tubuh manusia saat dalam keadaan mendesak menjadi salah satu pilihannya. Mata, dengkul, alat kelamin, rambut, dan hidung menjadi titik lemah manusia yang bisa Anda serang ketika dalam bahaya.

6. Pepper Spray / Penyemprot Lada

Alat ini sudah sering mungkin didengar, namun Anda harus berhati-hati dalam pengaplikasiannya. Sempot alat ini tepat di depan muka dari penyerang kita. Jangan sampai Anda salah menyemprot dan justru mengenai diri Anda sendiri. Jangan lupa untuk menaruh pepper spray ini di tempat-tempat yang mudah terjangkau. 

7. Gerai Rambut Anda

Bagian tips ini lebih cocok untuk Anda yang memiliki rambut panjang. Rambut yang dikuncir atau pendek dapat membantu penjahat untuk menyerang kita dari belakang karena dengan mudah menarik rambut Anda atau mencengkram leher Anda. Tips ini bermaanfaat juga apabila Anda berjalan kaki maupun naik motor.

Selain tips-tips tersebut, Anda mungkin dapat berjaga-jaga dengan tidak pergi ketempat-tempat rawan kejahatan sendirian. Serta usahakan untuk mengabari orang-orang terdekat Anda sebelum Anda pergi ketempat-tempat tertentu. Jadi, orang-orang terdekat Anda dapat melacak keberadaan Anda disaat bahaya datang.

Sumber : gogirlmagz.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Romian David Nababan 20 August 2017 - 15:46:42

lowongan pekerjaan

0 Answer

Albert 20 August 2017 - 13:35:50

Maaf saudara,bisakah aku bertanya yg menyangkut ma.. more..

1 Answer

stardust 19 August 2017 - 13:51:32

Saya ingin bunuh diri.. Ditengah semua masalah ken.. more..

1 Answer


Jimmy Sumampouw 21 August 2017 - 04:19:39
Saya kemasukan roh halus dalam tubuh saya dan roh ... more..

Franche Monay Manullang 15 August 2017 - 10:44:33
Syalom Bpk/Ibu. saya mohon dukungan doa, agar agar... more..

Tuliswan Pedro 15 August 2017 - 02:38:44
Tolong doakan agar karya SASTRA Fabel saya diterbi... more..

hendrik hutahaean 14 August 2017 - 04:23:31
Shalom JC... Saya Hendrik Hutahaean mohon bantuan ... more..

Banner Mitra Week  3


7288

Banner Mitra Week  3