10 Cara Cerdas Mengatasi Kesepian di Masa Natal
Sumber: Popsugar.com

Single / 15 December 2016

Kalangan Sendiri

10 Cara Cerdas Mengatasi Kesepian di Masa Natal

Budhi Marpaung Official Writer
2615

Apakah Anda merasa tertekan dengan Natal? Dengan masa liburan yang cukup panjang kali, apakah Anda menganggap liburan adalah waktu kehilangan dan kesepian? Jika jawabannya adalah iya, maka hal penting pertama yang perlu diidentifikasi adalah alasan mengapa Anda kesepian.

Apakah itu karena kematian orang yang dicintai, perceraian, tinggal jauh dari keluarga, keberadaan diri yang masih lajang? Alasan-alasannya mungkin tidak segera berubah, tetapi tidak dibutuhkan keterampilan yang begitu baik untuk menghindari diri tenggelam ke dalam jurang depresi.

Berikut adalah 10 cara cerdas untuk mengatasi kesepian yang Anda rasakan:

1. Tetaplah terlibat dalam kehidupan.

Jangan mengisolasi diri. Buatlah rencana untuk menghadiri kegiatan yang tidak memerlukan pasangan-bersama bernyanyi di gereja, menonton acara demonstrasi masak, atau menghadiri penandatanganan buku dari penulis terkenal.

2. Berolahraga untuk kebugaran diri.

Pergilah ke tempat olahraga. Makanlah dengan baik. Manjakan diri Anda dengan pijat atau buku yang bagus. Kerjakan apa yang menjadi hobi Anda.

3. Belilah hewan peliharaan.

Hewan akan menjadi sahabat jika Anda bisa melatihnya ke dalam gaya hidup Anda.

4. Kembangkan sikap bersyukur.

Studi menunjukkan bahwa fokus pada berkat meningkatkan mood seseorang. Jadi, jangan lupa untuk selalu bersyukur.

5. Hilangkan sikap mengasihani diri sendiri.

Percayalah, pasti akan selalu ada seseorang dengan cerita yang lebih putus asa dari Anda. Hidup ini keras dan banyak peristiwa kehilangan. Allah membantu kita melalui kesulitan, tetapi Dia tidak pernah menjanjikan hidup tanpa dukacita.

6. Beri bantuan kepada orang lain.

Melayani para tunawisma, membuat cookies untuk orangtua, atau mengatur acara untuk sebuah panti jompo adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjukkan kasih Tuhan kepada sekeliling. Ada banyak kegiatan lain yang bisa Anda buat, jadilah kreatif.

7. Pikirkan kembali harapan Anda.

Coba lihat kembali situasi Anda, lalu buatlah harapan yang realistis dan secara aktif bekerja untuk mencapainya.

8. Evaluasi persahabatan Anda.

Apakah Anda menghabiskan waktu sepanjang tahun dengan sahabat? Jika tidak, ini mungkin salah satu alasan Anda merasa kesepian. Putuskan untuk membuat perubahan di tahun mendatang yakni membangun relasi lebih dekat atau persahabatan.

9. Hindari diri dari alkohol, belanja, makanberlebihan atau parahnya melakukan kejahatan.

Ketika Anda merasa down, tuliskanlah daftar perilaku yang sehat. Beberapa diantaranya bisa menjadi opsi yakni mendengarkan musik upbeat, menelepon teman, menulis di dalam sebuah jurnal, atau membaca Alkitab.

10. Jangan menyerah pada keputusasaan.

Ambil Alkitab Anda, bacalah janji-janji Allah di sana, berdoa dan sembahlah Dia. Allah tidak pernah meninggalkan Anda. Dia justru menawarkan roh-Nya untuk menghibur Anda.


Jadi, apakah ada alasan untuk mengeluh atau merasa sengsara di Natal ini?

Sumber : www1.cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami