Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
900


Liburan Natal dan Tahun Baru 2017 ini pasti akan menjadi momen spesial bagi keluarga untuk berkumpul dan menggelar sederet pesta. Sederet hidangan pun tentunya tersaji indah di meja makan, mulai dari manisan, kue-kuean, daging, ikan serta hidangan lezat lainnya.

Meski begitu, Asosiasi Kesehatan Amerika memperingatkan agar kita tetap perlu mengkonsumsi makanan sehat selama liburan. Lembaga ini mengajurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak dan biji-bijian. Karena makanan tersebut berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Rachel Johnson, seorang profesor dari Universitas Vemront dan mantan anggota komite asosiasi nutrisi mengatakan bahwa menghadiri acara pesta dan perayaan cenderung mendorong seseorang menerapkan pola makan yang tidak sehat. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menangkal godaan makanan yang dihidangkan dalam acara-acara besar adalah dengan mengontrol nafsu dan mata. “Bahkan jangan menginjinkan diri Anda melihat bagian dari menu,” kata Johnson.

Jika menu-menu yang dihidangkan sarat dengan makanan yang mengandung lemak dan kalori, cobalah untuk memilih salad.

Tak hanya mengontrol nafsu makan saat berada di acara pesta atau perayaan, memilih makanan sehat untuk dikonsumsi juga perlu dilakukan di rumah. Johson mengatakan bahwa kecenderungan seseorang untuk mengemil makanan yang tidak sehat perlu dicegah dengan menyibukkan diri dengan berbagai hal seperti berjalan-jalan atau menghubungi teman atau kerabat dekat.

Bagi Anda yang ingin tetap menjaga pola hidup sehat sepanjang liburan ini bisa menerapkan 5 tips memilih makanan sehat dari Johnson berikut:

1. Jauhlah makanan yang tidak sehat dari jangkauan. Misalnya dengan memasukkannya di dalam lemari atau wadah yang tidak transfaran. Ganti stoples kue dengan wadah berisi –buah-buahan di meja dapur.

2. Belilah makanan dalam kemasan yang lebih kecil. Hindari membeli es krim dalam jumlah yang banyak. Sebaliknya, pilihlah kemasan es krim rendah lemak yang berukuran lebih kecil.

3. Sikat gigi Anda setelah makan. Karena nafas yang segar mampu membuat mulut tidak lagi tergoda untuk mengunyah makanan di malam hari.

4. Sediakan permen karet. Manisan permen karet dapat merendakan keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan kalori.

5. Jangan makan berlebihan. Jika Anda nyatakan tidak tahan dengan godaan makanan lezat di hadapan Anda, maka hal yang perlu dilakukan untuk mengontrol makanan adalah dengan mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi. Jika ternyata tidak habis, simpanlah sisanya.

Sumber : Health.com/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Romian David Nababan 20 August 2017 - 15:46:42

lowongan pekerjaan

0 Answer

Albert 20 August 2017 - 13:35:50

Maaf saudara,bisakah aku bertanya yg menyangkut ma.. more..

1 Answer

stardust 19 August 2017 - 13:51:32

Saya ingin bunuh diri.. Ditengah semua masalah ken.. more..

1 Answer


Jimmy Sumampouw 21 August 2017 - 04:19:39
Saya kemasukan roh halus dalam tubuh saya dan roh ... more..

Franche Monay Manullang 15 August 2017 - 10:44:33
Syalom Bpk/Ibu. saya mohon dukungan doa, agar agar... more..

Tuliswan Pedro 15 August 2017 - 02:38:44
Tolong doakan agar karya SASTRA Fabel saya diterbi... more..

hendrik hutahaean 14 August 2017 - 04:23:31
Shalom JC... Saya Hendrik Hutahaean mohon bantuan ... more..

Banner Mitra Week  3


7288

Imago