Gereja Koptik Mesir Dibom, 25 Tewas
Sumber: Jawaban.com

Internasional / 12 December 2016

Kalangan Sendiri

Gereja Koptik Mesir Dibom, 25 Tewas

daniel.tanamal Official Writer
3187


Gereja Katedral Koptik di Kairo, Mesir, Minggu (11/12/2016) dibom dan mengakibatkan 25 orang tewas dan 49 lainnya luka-luka. Bom meledak saat jemaat di gereja sedang melaksanakan ibadah misa. Sampai saat ini belum ada pernyataan dan informasi mengenai siapa dalang atas insiden tersebut.

"Begitu imam memanggil kami untuk mempersiapkan doa, ledakan terjadi. Debu menutupi lorong, tapi saya berusaha mencari pintu. Meski tidak bisa melihat apa-apa, saya berhasil keluar dari gereja. Saya banyak mendengar jeritan dan banyak tubuh bergelimpangan," ujar salah seorang saksi mata Emad Shoukry.

Bom yang diketahui berisi 12 kilogram TNT itu meledak di bagian jemaat perempuan, karena itulah kebanyakan korban dalam insiden tersebut adalah wanita. Selain itu, Otoritas Keamanan Mesir menyebut enam orang anak meninggal. Sesaat setelah ledakan terjadi, jalanan di sekitar gereja dipenuhi kendaraan lapis baja dan pengunjuk rasa.

Atas kejadian ini Kantor Kepresidenan Mesir menyatakan berkabung selama tiga hari, sejak Minggu, untuk menghormati para korban. Pemerintah negara itu juga mengutuk kejadian yang disebut sebagai aksi terorisme. "Kami akan melindungi persatuan nasional kami," ujar Hani Bakhoum, salah seorang wakil dari Katolik Koptik Mesir, yang meyakini bahwa peristiwa tersebut tak akan memecah belah Mesir.

Bakhoum menuturkan, Mesir tak akan membiarkan teroris mengancam persatuan nasional. Ironisnya, meski sampai saat ini belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab, namun, sejumlah kelompok militan merayakan ledakan bom itu di media sosial.



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami