Andy Zain: Startup Bukan Cuma Cari Untung Tapi Untuk Memberi Dampak & Value
Sumber: Jawaban.com

Finance / 8 December 2016

Kalangan Sendiri

Andy Zain: Startup Bukan Cuma Cari Untung Tapi Untuk Memberi Dampak & Value

Puji Astuti Official Writer
5149

Saat ini startup atau perusahaan rintisan di bidang digital sedang bertumbuh subur di Indonesia. Namun untuk sebuah startup berhasil menjadi sebuah perusahaan yang kokoh bukanlah perjalanan yang mudah, faktanya berdasarkan survey bahwa 90% startup gagal, bahkan banyak diantaranya sebelum meluncurkan produknya. 

Andy Zain mengetahui sulitnya membangun startup ini, sebab selama 19 tahun ia sudah berkecimpung dalam dunia entrepreneur, konsultan dan juga bisnis online. Dengan pengalamannya tersebut dan juga melihat kesulitan yang dihadapi para startup tersebut maka ia membuat Kejora. 

JC Channel beberapa saat lalu berkesempatan untuk berkunjung ke Kejora dan berbincang langsung dengan Andy Zain. Berikut adalah sekilas perbincangan dengan Andy:

Apa itu Kejora?

"Kejora itu adalah seperti pabriknya startup. Disini kamu bisa ketemu banyak temen-temen yang lagi bangun perusahaannya sendiri. Jadi orang yang dateng, punya ide, sharing sama kita, lalu kita lihat idenya bagus nih dan kita invest sama mereka. Tapi syaratnya kalau kita invest sama mereka, mereka harus kerja disini sama-sama kita. Jadi di kantor ini ada sekitar 500an orang dari 11 negara  dan banyak orang Indonesia pastinya.Mereka sama-sama lagi persiapan bangun perusahaannya sendiri," demikian jelas Andy.

Jadi Kejora bukan hanya invest, namun juga coaching dan transfer knowleghe dan technology kepada para startup tersebut. Selain mengumpulkan para startup pada umumnya, Andy Zein juga menggagas dan menghadirkan Code 4 The Kingdom.

Apa itu Code 4 the Kingdom?

"Jumat, Sabtu, Minggu biasanya kita bikin acara disini, yaitu hackaton, yang namanya Code 4 The Kingdom. Dimana kita kumpulin anak-anak Tuhan yang punya talenta yang beda-beda. Ada yang desaigner, developer, ada yang ngerti product. Kumpul, tiga hari tiga malam mereka bikin program disini. Programnya bisa buat gereja, apakah untuk solve masalah di komunitas, apakah untuk bantu kemiskinan... itulah yang kemarin kita bikin."

"Banyak banget, sering kita bikin kegiatan disini.."

Dalam dua setengah tahun Kejora telah berhasil membuat 28 perusahaan startup yang sekarang sudah cukup mapan.  Apa tips dari Andy Zain buat mereka yang mau menjadi startup?

1. Value yang kamu berikan

"Kalau kamu yang utamanya adalah bagaimana dapetin uang, cara kamu kerja adalah kalau kamu dapat customer, kamu eksploitasi sebesar-besarnya sehingga dapat uangnya. Jadi apa? Customer jadi korban. Pada hal harusnya bukan seperti itu."

"Cara yang benar adalah bagaimana kita melayani customer sebaik-baiknya. Dia merasa ada value yang kita kasih ke dia, setelah itu dia akan bayar karena kita menciptakan suatu nilai/value. Jadi yang selalu saya ajarkan kepada anak-anak yang saya latih disini adalah jangan kejar uangnya. Kalau kamu utamanya adalah uang, uang, uang, itu suatu masalah."

2. Dampak yang dibuat oleh perusahaan itu

"Penghargaan bukan dari sisi keuangannya, tapi penghargaannya dari impact yang dia buat, yang diadakan untuk lingkungan, untuk karyawan. Jadi dampak apa yang mereka hasilkan untuk sekitarnya. Bukan berapa banyak penjualannya."

Wah, tipsnya keren banget ya.. Nah kalau kamu mau kenal lebih dekat dengan Andy Zein, tonton ya videonya di JC Channel atau kamu klik image di atas. 

Sumber : JC Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami