Merayakan Minggu Pertama Advent
Kalangan Sendiri

Merayakan Minggu Pertama Advent

Budhi Marpaung Official Writer
      7780
Yesaya 9:1

"Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar."

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu8[/kitab]; [kitab]wahyu14[/kitab]; [kitab]nehem8[/kitab]; [kitab]nehem9[/kitab]

"Kelahiran Kristus adalah pusat dari peristiwa dalam sejarah dunia-hal yang paling penting dari keseluruhan kisah yang ada." - C.S. Lewis

Advent adalah musim pertama dalam kalender gereja. Sejak Masehi abad ke-7, Kristen telah memasukkan perayaan ini dalam persiapan mereka untuk hari Natal.

Dimulai empat hari Minggu sebelum Natal, tujuannya adalah dua: pertama, mempersiapkan kita untuk perayaan kelahiran Kristus dan kedua, mengingatkan kita bahwa kita menantikan kembali Yesus datang kembali dalam kemuliaan.

Kata "advent" berasal dari kata Latin advenio yang berarti “datang ke”. Advent adalah waktu ketika kita fokus kepada kedatangan Kristus ke dunia. Sepanjang sejarah, orang Israel menantikan kedatangan Mesias mereka. Dalam Perjanjian Lama, lebih dari 400 ayat dan nubuatan yang menggariskan kelahiran, kehidupan, kematian, kebangkitan, dan kedatangan kembali diri-Nya. Tuhan punya rencana untuk menebus umat-Nya. Dia menyatakan rencana-Nya kepada para nabi-Nya selama berabad-abad dan menggenapi Firman-Nya bahkan hingga sekarang.

"Persiapkanlah jalan bagi Tuhan" merupakan tema utama musim ini. Sebagaimana kita bersiap-siap untuk Natal, kita tidak seharusnya mengabaikan untuk mempersiapkan hidup kita bagi Yesus, yang datang sebagai "terang dunia." Cahayanya menembus dunia yang gelap, yang memungkinkan semua untuk melihat Mesias mereka, dan harapan masa depan mereka.

Hari ini kita perlu dipersiapkan untuk kedatangan Kristus. Belajar lebih banyak tentang apa yang Alkitab ungkapkan tentang kedatangan Kristus akan memungkinkan kita untuk memahami makna dari peristiwa dunia ini.

Bersiap dan waspadalah, karena terang dunia telah datang dan pasti akan kembali lagi.

MINGGU PERTAMA ADVENT: NUBUATAN

Minggu pertama di Advent berfokus pada nubuatan Alkitab yang menggambarkan kedatangan Kristus. Nubuatan mempersiapkan, mengajar, memperingatkan dan mendorong orang-orang tentang Allah, jalan-Nya, dan rencana-Nya.

Minggu ini kita akan melihat bagaimana lebih dari 2.700 tahun yang lalu, Allah menyatakan rencana-Nya kepada umat-Nya. 2.100 tahun yang lalu, Ia menggenapi rencana-Nya dengan mengirimkan Anak-Nya, Yesus dan sekarang di abad ke-21, kita menantikan pemenuhan nubuatan terakhir yang menggambarkan kedatangan-Nya.

Beberapa dari nubuat-nubuat yang paling signifikan mengenai musim Advent muncul dalam ayat-ayat berikut:

Kelahiran-Nya (Yesaya 7:14; Yesaya 9:6; Mikha 5:3, Mikha 5:4-5)

Urapan-Nya (Yesaya 11:1-4)

Pengkhianatan yang dialami oleh-Nya (Mazmur 41:4; Zakharia 11:12-13)

Kematian-Nya (Yesaya 53; Mazmur 22: 1-31)

Penyaliban-Nya (Yesaya 53:12)

Kebangkitan-Nya (Yesaya 25:8; Mazmur 16:10)

Kedatangannya dalam kemuliaan (Kisah Para Rasul 1: 10-11; 1 Tesalonika 4:15-18; Wahyu 22:20)

Pemerintahan Agung-Nya (Yesaya 11:3-12:6)

HARI PERTAMA: CAHAYA               

"Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang TUHAN!" (Yesaya 2:5)

"Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar." (Yesaya 9:1)

Nabi Yesaya menggambarkan bagaimana Allah sedang mempersiapkan untuk membawa terang-Nya yang besar kepada dunia yang kacau dan gelap. Kegelapan dalam Alkitab menggambarkan tentang masyarakat yang dalam kekisruhan dan pemberontakan. Sepanjang Alkitab, kita melihat bahwa cahaya Allah mengabarkan tentang hadirat-Nya dan kebenaran-Nya.

Dalam bagian ini, Yesaya mengundang orang-orang Israel untuk "berjalan dalam terang Tuhan." Nubuat itu digenapi melalui Yesus yang berani menyatakan, "Akulah terang dunia" (Yohanes 8:12). Bersyukur, undangan ini tidak lagi hanya untuk orang-orang Israel, tetapi juga untuk seluruh umat manusia. www1.cbn.com / Lisa Robertson


Allah Bapa, biarkanlah terang Kristus bersinar dalam hidup kami sehingga kami dapat memuliakan-Mu. Tolong kami untuk berjalan dalam terang-Mu. Ajarlah kami hari demi hari kebenaran yang ada di dalam Firman-Mu. Amin.

 

Yesus datang bukan hanya untuk menerangi kehidupan satu kelompok manusia saja, tetapi seluruh manusia.

Ikuti Kami