Indahnya Advent Natal, Redakan Provokasi Papua Merdeka
Sumber: liputan6

Nasional / 5 December 2016

Kalangan Sendiri

Indahnya Advent Natal, Redakan Provokasi Papua Merdeka

daniel.tanamal Official Writer
3193

Bagi masyarakat Papua, Desember mungkin menjadi bulan yang agak sedikit spesial, yaitu bulan dimana Hari Raya Natal diperingati, dan juga untuk sebagian lainnya yang memperingati Hari Ulang Tahun Papua Merdeka pada 1 Desember. Peringatan yang disebutkan terakhir inilah yang seringkali menimbulkan sedikit ketegangan dan kekhawatiran, terutama untuk sektor keamanan, karena umumnya, ditanggal itulah Bendera Bintang Kejora dikibarkan.

Akan tetapi, kekhawatiran itu dari tahun ke tahun agak mereda karena pengibaran bendera sebagai simbol perlawanan dari Papua Merdeka sudah tidak dilakukan lagi. Selain itu momen Advent Natal, yaitu sebuah masa memasuki natal yang dikalangan Kristen termasuk dihormati seperti melakukan doa dan puasa, sedikit banyak ikut meredakan ketegangan tersebut.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan bahwa saat ini kepolisian tidak lagi melakukan pengamanan khusus pada 1 Desember ini. Bahkan bagi para masyarakat yang masih memperingati HUT Papua Merdeka tersebut dengan mengadakan doa bersama, pihaknya menjamin bahwa tidak akan ada gangguan.

"Kami tak ada siaga satu atau apapun sebutannya. Semua berjalan normal dan masyarakat menjalankan aktivitasnya seperti biasanya. Silahkan berdoa (Doa bersama peringatan HUT Papua Merdeka) dan kami sepakat tak akan ada yang mengganggu ketertiban umum untuk doa bersama ini," ujar Paulus, dilansir liputan6, Kamis (1/12/2016).

Momen dan suasana Natal akan menjadi damai jika masyarakat dan pemerintah sendiri yang bersinergi untuk mengusahakan segala sesuatunya berjalan dengan baik tanpa adanya gesekan. 

Sumber : Liputan6
Halaman :
1

Ikuti Kami