Badan Amal Ini Buat Kartu Natal Berlatar Konflik Timur Tengah
Sumber: Dailymail.co.uk

Internasional / 2 December 2016

Kalangan Sendiri

Badan Amal Ini Buat Kartu Natal Berlatar Konflik Timur Tengah

Lori Official Writer
3830

Ratusan ribu jiwa tewas dan jutaan orang terpaksa meninggalkan tanah kelahiran akibat konflik di Timur Tengah sepajang beberapa tahun belakangan ini. Atas keprihatinan yang dirasakan, badan amal Medecins du Monde Inggris meluncurkan kartu ucapan Natal yang menampilkan adegan kelahiran Yesus persis seperti tertulis dalam Alkitab, namun dengan menyematkan latar perang Timur Tengah.

Pihak Medecins du Monde menyampaikan mereka tidak berniat untuk menyampaikan pesan agama, melainkan hanya untuk mengingatkan banyak orang soal situasi mencegangkan perang yang masih terus berkecamuk.

Salah satu dari empat Kartu Natal yang dibuat, menunjukkan adegan dimana Yusuf menuntun keledai yang ditunggangi Maria yang sedang mengandung menuju Bethelem. Uniknya, mereka tidak berjalan melalui jalan umum menuju Nazareth melainkan melalui kota Aleppo yang tengah dirundung perang Suriah.

Kartu lainnya berisi adegan Maria sedang menggendong bayi Yesus dalam pelukannya. Namun adegan tersebut terjadi bukan di sebuah kandang domba, melainkan di sebuah bangunan yang porak-poranda akibat ledakan bom. Kartu ketiga,menunjukkan tiga orang majus yang tengah menunjuk ke langit saat sebuah drone atau pesawat tanpa awak terbang di sana.

Kartu Natal itu secara resmi diluncurkan saat perayaan hari Minggu Advent yang pertama oleh Dokter Amal Dunia yang disertai dengan kampanye ‘Inilah Musim Untuk Menyampaikan kepedulian’. “Setiap Natal gambar romantis dari Tanah Suci di masa lalu selalu saja ditunjukkan, gambar pastoral yang penuh damai dipajang di rumah-rumah, di gereja dan di jalan-jalan. Hal ini benar-benar bertentangan dengan krisis kemanusiaan yang dihadapi daerah itu. Di Natal ini kami meminta semua orang melihat realitas yang kita saksikan lewat perang yang tumpah di Timur Tengah, dan membagikan berbagai sumbangan untuk membantu kami melayani kesehatan orang-orang membutuhkan,” ucap direktur eksekutif Medecins du Monde, Leigh Daynes.

Mike Ougton sebagai perancang Kartu Natal unik ini mengatakan pembuatan Kartu ini memang digerakkan oleh ironi perang yang melanda Timur Tengah saat ini.  “Dengan menciptakan satu set kartu Natal yang menggabungkan situasi masa lalu dengan realita suram saat ini, kami berharap (kartu ini) bisa menyentuh hati nurani banyak orang.”

Banyak dari para pengguna sosial media bahkan menyebar gambar-gambar tersebut dengan menyematkan tanda pagar #realityxmas.

Mereka mengatakan sedang mempertimbangkan untuk mencetak ulang setelah berhasil menjual seperempat dari 400 paket dalam waktu 24 jam.

Sebagai informasi, badan amal Medecins du Monde (Doctors of the World, Dokter Dunia) didirikan di Prancis pada tahun 1980 dan saat ini memiliki 15 kantor di seluruh dunia, termasuk dua cabang di Timur Tengah yaitu Yordania dan Lebanon. Organisasi itu bekerja dengan para tenaga medis, bidan-bidan dan psikolog di Suriah, Irak, Lebanon serta Turki.

Sumber : Dailymail.co.uk/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami