Inilah Seruan Moral Lembaga Keumatan Kristen terhadap Situasi Politik
Sumber: Istimewa

Nasional / 30 November 2016

Kalangan Sendiri

Inilah Seruan Moral Lembaga Keumatan Kristen terhadap Situasi Politik

daniel.tanamal Official Writer
3108
Menyikapi situasi politik Indonesia yang saat ini masih memanas, sejumlah lembaga keumatan Kristen seperti Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI), Pengurus Nasional Perkumpulan Senior GMKI (PNPS GMKI), dan Partisipasi Kristen Indonesia (PARKINDO) mengeluarkan pernyataan sikap, yang disebut Serual Moral.

Dalam seruan moral itu ada enam hal yang menjadi fokus utama mereka yaitu, mengingatkan bahwa semuanya adalah satu kesatuan dalam bangsa Indonesia yang telah diperjuangkan dengan darah dan air mata, dan juga dirawat keberagaman dan persatuannya melewati sejumlah badai besar sosial dan politik.

Meminta kepada seluruh umat Kristiani di seluruh Indonesia kami minta agar tetap tenang, tetap terus waspada dan tidak terprovokasi dengan keadaan dan kemudian malah bereaksi tidak produktif. Kamipun mengajak kita untuk bersikap lebih bijaksana, berhati-hati dan arif dalam menyampaikan informasi agar tidak sebaliknya menyebarkan rasa ketakutan atau menimbulkan reaksi negatif atas informasi yang kurang layak dipublikasikan di media sosial sekalipun.”

Selain itu meminta juga kepada seluruh elemen lembaga keumatan Kristen secara reguler melakukan pertemuan-pertemuan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama melakukan koordinasi dan pertemuan-pertemuan internal dan juga lintas agama serta lintas organisasi untuk memastikan bahwa komponen utama bangsa ini tetap berkomitmen untuk menjaga Ke-Indonesia-an.

Menghimbau agar semuanya memberi kepercayaan penuh kepada Pemerintah dibawah Presiden Joko Widodo beserta seluruh Aparat Pemerintahan (TNI, POLRI) untuk bertindak demi dan atas nama Konstitusi dan Hukum yang berlaku. Kemudian, mengajak seluruh komponen bangsa untuk kembali mengenang serta mengingat bahwa saat ini keIndonesiaan kembali dalam ujian berat. Untuk itu diperlukan pendekatan hukum dengan terus merawat Indonesia yang beragam, terus membangun solidaritas sesama anak bangsa.

Terakhir mereka menyerukan untuk memanjatkan doa bagi bangsa dan negara, bagi para pemimpin bangsa agar mengutamakan kepentingan bersama dan terus berkomitmen untuk mensejahterakan rakyat.

 


Sumber : pgi.or.id
Halaman :
1

Ikuti Kami