Share this article :

Kenapa Banyak Laki-laki Malas ke Gereja?

 Tue November 29th, 2016
 2490

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

Kenapa Banyak Laki-laki Malas ke Gereja? Sumber : Christianconnection.com

“Kenapa ada lebih banyak perempuan daripada laki-laki yang hadir di gereja?” Ini adalah pertanyaan yang seringkali dilontarkan dilingkungan gereja, terutama kaum perempuan. Belum lama ini sebuah penelitian harus dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut secara objektif.

Penyusutan jumlah laki-laki yang menghadiri ibadah gereja secara tak sadar telah menimbulkan keresahan bagi kaum perempuan lajang. Namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh YouGov yang dipimpin oleh David Pullinger, seorang pria lajang Kristen menunjukkan bahwa jumlah perempuan ternyata memang setengah lebih banyak dibanding jumlah laki-laki yang setidaknya menghadiri ibadah gereja sebulan sekali. Hasil penelitian ini menunjukkan rasio gender dalam gereja yang begitu timpang memang!

Jadi, untuk beberapa alasan, perempuan lajang jauh lebih tertarik pergi ke gereja dibandingkan laki-laki. Mengapa demikian? Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh beberapa perbedaan antara laki-laki dan perempuan lajang Kristen.

Laki-laki lebih tertarik menghadiri gereja tradisional

Meskipun secara keseluruhan data statistik menunjukkan bahwa ada lebih banyak perempuan lajang daripada laki-laki lajang yang rajin ke gereja, hal itu ternyata tidak terjadi secara menyeluruh di semua gereja. Di beberapa daerah, misalnya, ditemukan fakta yang menarik bahwa laki-laki ternyata lebih cenderung menghadiri jenis gereja tradisional dibanding perempuan yang sebagian besar lebih menyukai gereja-gereja yang sudah modern.

Inilah informasi lain yang perlu diketahui dari fenomena kealpaan banyak laki-laki Kristen di gereja-gereja jaman ini.

Laki-laki Kristen cenderung anti sosial

Selain itu, laki-laki Kristen juga diketahui memiliki cara berbeda dalam menjalani masa-masa lajang mereka. Secara umum, laki-laki lajang kurang menikmati adanya interaksi sosial. Mereka cenderung mengingini interaksi sosial yang jauh lebih sedikit.

Laki-laki sulit menghadapi masa lajang

Hal lain yang perlu diketahui dari laki-laki Kristen adalah sulitnya mereka dalam melewati masa lajang sendiri tanpa pasangan. Mereka akan cenderung mengikuti dorongan keinginan sendiri saat masih sendiri. Sementara jika mereka sudah memiliki pasangan atau sudah menikah, mereka akan cenderung mengikuti pasangannya.

Karena itu pula, kita tak perlu heran jika tingkat kerohanian laki-laki lajang memang jauh lebih rendah dibanding perempuan yang cenderung justru menikmati hidup di masa-masa mereka masih sendiri dan belum terikat hubungan.

Laki-laki Kristen mencari gereja yang sesuai dengan dirinya

Gereja yang fokus dalam keluarga akan menjadi gereja yang begitu sulit dimasuki oleh kaum laki-laki. Bahkan, ketika gereja tidak menaruh perhatian kepada anak muda, bisa dipastikan laki-laki lajang akan malas ke gereja tersebut.

Apakah penjelasan di atas sudah menjawab pertanyaan besar di atas? Jika kita sudah menyadari hal ini, maka saatnya gereja bisa bertindak dan bergerak menjangkau kembali kaum laki-laki muda gereja dan memberi mereka perhatian khusus di tengah-tengah pelayanan. Sebab bagaimana pun, laki-laki berperan besar dalam sebuah gereja.

Sumber : Christianconnection.com/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Deasy Suliestyorini 7 December 2016 - 17:48:29
Mohon bantuan doa untuk pekerjaan yg sdh lama saya... more..

Melpa Sinaga 29 November 2016 - 16:57:17
Shalom, saya melpa sinaga. saya baru tamat sekolah... more..

Naftalita Calista Putri 28 November 2016 - 19:33:37
Syalom , saya naftalita .. saya adalah seorang mah... more..

joshua 28 November 2016 - 09:49:48
Saya joshua..saya telah menikah selama 2 tahun. Na... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Bagaimana Mengenali Pekerjaan atau Usaha yang Anda Sukai?
Bagaimana Mengenali Pekerjaan atau Usaha yang Anda Sukai?
“Shalom, saya tidak tahu apa rencana Tuhan di dalam hidup saya. Usaha apapun selalu gagal. Sekaran...