Tips Merencanakan Tour Wisata Rohani yang Aman
Sumber: Fairskytravels.info

Entertainment / 28 November 2016

Kalangan Sendiri

Tips Merencanakan Tour Wisata Rohani yang Aman

Lori Official Writer
9864

Tanah suci Yerusalem menawarkan beragam situs rohani yang begitu identik dengan tiga agama besar dunia: Kristen, Yahudi dan Islam. Bagi ketiga agama ini, Yerusalem adalah jantung sejarah agama mereka sehingga bukan sesuatu yang mengherankan jika kemudian tempat ini kerap dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Sebagian besar diantaranya memilih melakukan perjalanan ziarah rohani secara berkelompok karena menimbang beragam rencana yang bisa dilakukan di Yerusalem dan sekitarnya. Minat dan kerinduan sejumlah orang untuk mengunjungi tanah suci ini pun mendorong sejumlah jasa pelayanan wisata rohani bermunculan. Mereka diantaranya menawarkan berbagai paket wisata rohani ke tanah suci Israel lengkap dengan berbagai aktivitas yang boleh dilakukan di sana.

Tentu saja melakukan ziarah rohani memakan biaya yang sangat besar. Untuk itu, diperlukan perencanaan matang baik dalam hal memilih jasa perjalanan maupun serangkaian aktivitas yang bisa dilakukan di tempat tujuan.

Supaya perjalanan rohani Anda aman dari berbagai penipuan berkedok promo wisata rohani dan juga mendapatkan perjalanan yang menyenangkan Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini:

1. Tentukan tujuan wisata rohani terlebih dahulu

Banyak pilihan perjalanan rohani yang ditawarkan oleh para jasa perjalanan, misalnya perjalanan yang fokus untuk menziarahi situs-situs suci Kristen di Israel. Adapula jasa perjalanan yang khusus untuk mengunjungi tempat-tempat rohani agama tertentu. Untuk itu penting memastikan serangkaian perjalanan rohani yang ingin Anda lakukan di sana. Pilihlah jasa tour rohani yang fokusnya sesuai dengan keyakinan dan juga keinginan Anda.

Jika Anda memiliki kemampuan menyusun rencana tour ziarah Anda sendiri, Anda hanya perlu meminta bantuan dari Kementerian Pariwisata Israel untuk mendampingi Anda mengunjungi berbagai tempat-tempat suci Kristen yang Anda ingin kunjungi di Yerusalem. Kementerian Pariwisata Israel pada umumnya bertanggung jawab mengurus situs seperti Gereja Makam Kudus, Taman Makam, Bukit Zaitun dan candi-candi.

2. Pilih jasa perjalanan yang tepat

Jasa perjalanan rohani yang Anda pilih sangat menentukan nyaman tidaknya perjalanan rohani Anda. Jika Anda ingin fokus mengunjungi situs tertentu, pertimbangkanlah untuk bergabung di kelompok tour sesuai dengan tawaran perjalanan dari tour rohani. Beberapa perusahaan wisata berpegang pada jadwal yang ketat, sementara yang lainnya menawarkan waktu luang dan pilihan yang disesuaikan. Jadi hal ini juga perlu menjadi pertimbangan besar sebelum memutuskan pilihan jasa tour rohani.

3. Pastikan membawa barang-barang yang dibutuhkan selama tour rohani

Ketika hendak melakukan ziarah rohani ke Israel, pastikanlah untuk teliti dan mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan selama perjalanan. Jika Anda bepergian di saat musim panas, bawalah pakaian musim panas saja. Atau bila Anda ingin sekaligus berkunung ke tanah sucisi akhir tahun saat Israel tengah menjalani musim Salju, bawalah pakaian musim dingin seperti jaket dan baju tebal. Tentu saat berwisata mengunjungi beragam situs rohani, Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu berjalan kaki jadi penting bagi Anda untuk membawa persediaan sepatu atau sandal yang nyaman digunakan untuk perjalanan panjang.

4. Pastikan pemimpin rombongan wisata rohani

Jika Anda berketepatan ikut dalam suatu rombongan tour rohani yang hendak bepergian ke tempat-tempat wisata yang sama, pastikanlah terlebih dahulu siapa yang akan memimpin rombongan tour Anda. Tanyakan apakah dia benar-benar berpengalaman dan pribadi yang asyik dan bersahabat. Pastikan hal itu sebelum berangkat karena sama seperti memilih tour perjalanan yang tepat, pemandu tour yang tepat juga akan mempengaruhi asyik tidaknya perjalanan Anda.

Demikianlah tips-tips perjalanan rohani yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tengah merencanakan perjalanan wisata akhir tahun ke Israel, tips ini mungkin bisa membantu.

Sumber : Usatoday.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami