Share this article :

3 Alasan Umat Kristen Rayakan Minggu Adven Menjelang Natal

 Fri November 25th, 2016
 3786

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

3 Alasan Umat Kristen Rayakan Minggu Adven Menjelang Natal Sumber : WordPress.com

Musim Natal telah tiba. Sejak bulan Oktober lalu, beragam aksesosir dan pernak pernik Natal sudah mulai dipasang dimana-mana, khususnya di berbagai pusat perbelanjaan sejak bulan Oktober lalu.

Meski begitu sudah banyak umat Kristen yang menolak musim Natal dijadikan sebagai momen menghambur-hamburkan uang. Seperti Natal di tahun-tahun sebelumnya, kita menghabiskan sejumlah uang hanya demi merayakannya dengan hura-hura, kesenangan semata dan pembagian kado yang menghabiskan banyak uang. Padahal Natal itu sendiri hanyalah sesuatu yang perlu dimaknai secara mendalam oleh orang-orang percaya. Dan untuk memasuki momen Natal yang syahdu dan penuh makna, orang Kristen lebih memilih untuk merayakan minggu Adven beberapa minggu menjelang perayaan Natal.

Sebagai informasi, minggu Adven biasanya dirayakan empat minggu terakhir menjelang Natal. Banyak gereja yang kemudian merayakannya dengan membuat karangan bunga dan penyalaan lilin, setiap minggunya lilin akan dinyalakan satu-satu hingga minggu keempat semua lilin menyala. Bagi beberapa gereja, lilin yang dinyalakan di setiap minggunya bisa berbeda-beda. Misalnya warna ungu dan biru sebagai simbol keseriusan dan pertobatan. Sementara karangan bunga mawar menjadi simbol dari kebangkitan dan sukacita.

Kenapa umat Kristen harus merayakan minggu Adven menjelang hari raya Natal?

1. Minggu Adven Adalah Penegasan Akan Makna Natal

Seiring waktu, makna Natal semakin bergeser menjadi begitu komersil dan dimanfaatkan sebagai musim untuk menghasilkan uang. Dalam beberapa hal, alasan ini mungkin bisa diterima, misalnya menjadi ajang bagi orang Kristen memperkenalkan ornamen Natal kepada masyarakat sekuler. Tapi banyak juga orang Kristen yang akhirnya terjebak dalam pemikiran untuk membuat perayaan Natal yang mewah dan megah. Sehingga minggu-minggu menjelang Natal hanya dihabiskan untuk menghamburkan uang demi mencapai impian merayakan Natal yang megah.

Padahal orang Kristen seharusnya sadar bahwa ada minggu Adven yang harus dirayakan sebelum menyambut Natal. Minggu Adven ini adalah momen dimana orang percaya mempersiapkan diri untuk merenung dan mengenal lebih dalam tentang Yesus. Minggu Adven adalah momen untuk menegaskan bahwa Natal itu begitu sakral dan kita seharusnya menghindari diri dari berbagai godaan-godaan dunia yang tidak baik.

2. Persiapan Besar Menyambut Natal

Minggu Adven adalah momen persiapan diri bagi orang Kristen untuk menerima kemenangan dalam Tuhan. Natal tidak berbicara soal susunan rencana ini itu. Namun Natal berbicara soal kesiapan kita untuk menyambut kedatangan terang dunia. Natal adalah puncak dari rencana Alla bagi umat manusia. Lewat sejarah panjang bangsa Israel, Tuhan membawa manusia untuk menyaksikan hal ini. Minggu Adven sangat erat kaitannya dengan Natal, sama seperti merayakan Jumat Agung untuk menyambut Minggu Paskah.

3. Minggu Adven Mengajarkan Tentang Disiplin Rohani

Beberapa gereja merayakan Adven dengan pembacaan liturgy, sementara yang lainnya merayakan dengan cara yang berbeda. Bentuk perayaan apapun yang dilakukan gereja, Adven tetap saja merupakan momen untuk memperlengkapi orang-orang Kristen. Orang Kristen percaya bahwa Yesus lahir pada waktu dan tempat tertentu, dan hal itu telah mengubah dunia yang saat ini. Jadi saat kita mengharapkan kedatangan-Nya kita juga harus memposisikan diri sebagai orang-orang yang sedang menunggu kedatangan-Nya yang pertama, seperti para gembala, orang bijak, pengamat seperti Simeon dan Anna.

Jadi kita menunggu untuk menyaksikan pekerjaan Tuhan. Selain itu, kita diingatkan tentang penghakiman, yaitu masa kedatangan Yesus yang kedua kalinya untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati. Bersyukurlah karena Dia datang untuk menyelamatkan dan menebus kita.

Minggu Adven adalah hadiah dari Tuhan untuk membantu kita agar tetap setia di tengah dunia yang tidak mengakui-Nya. Jadi, sudahkah Anda siap merayakan minggu Adven dengan kusyuk?

Sumber : Christiantoday.com/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Deasy Suliestyorini 7 December 2016 - 17:48:29
Mohon bantuan doa untuk pekerjaan yg sdh lama saya... more..

Melpa Sinaga 29 November 2016 - 16:57:17
Shalom, saya melpa sinaga. saya baru tamat sekolah... more..

Naftalita Calista Putri 28 November 2016 - 19:33:37
Syalom , saya naftalita .. saya adalah seorang mah... more..

joshua 28 November 2016 - 09:49:48
Saya joshua..saya telah menikah selama 2 tahun. Na... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Bagaimana Mengenali Pekerjaan atau Usaha yang Anda Sukai?
Bagaimana Mengenali Pekerjaan atau Usaha yang Anda Sukai?
“Shalom, saya tidak tahu apa rencana Tuhan di dalam hidup saya. Usaha apapun selalu gagal. Sekaran...