Inilah Tujuh Tersangka Teroris Bom Molotov Gereja Samarinda
Sumber: Istimewa | Jawaban.com

Nasional / 23 November 2016

Kalangan Sendiri

Inilah Tujuh Tersangka Teroris Bom Molotov Gereja Samarinda

daniel.tanamal Official Writer
3458

Hanya enam hari setelah aksi teror bom molotov di depan Gereja Oikumene, Sengkotek, Samarinda, Kalimantan Timur (13/11/2016) yang membuat seorang anak sekolah minggu meninggal dunia dan tiga anak lainnya menderita luka bakar cukup parah, kepolisian akhirnya menetapkan tujuh tersangka teroris.

Pihak kepolisian mengatakan bahwa ketujuh orang ini dianggap terlibat mulai dari perencanaan, pelatihan, perakitan bom, hingga peledakan bom. Dari hasil penyidikan pelaku pertama, ditemukan bahwa enam orang yang awalnya sebagai saksi ditetapkan menjadi tersangka. Ketujuh tersangka tersebut adalah J, S, JS, F, AD, GAP, dan RPP. J atau Johanda merupakan pelaku yang meledakkan bom di depan gereja.

"Ketujuh orang ini terlibat mulai dari perencanaan, kemudian pembuatan bom, membeli bahan-bahan, melaksanakan, mengeksekusi, dan seterusnya. Sebelumnya dilakukan pelatihan-pelatihan bagaimana untuk merakit itu," kata Kepala Polda Kaltim Irjen Pol Safaruddin.

Para tersangka ini merupakan pengembangan penyidikan selama tujuh hari pasca-ledakan. Adapun pelaku lainnya pernah diperiksa di Polresta Samarinda sebagai saksi. Nantinya semua pelaku akan dibawa ke Jakarta dan ditangani Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. Pengembangan penyidikan masih terus dilakukan untuk mengungkap jaringan pelaku teror.

Seperti diketahui, aksi teror di Gereja Oikumene itu terjadi pada Minggu pagi sekitar pukul 10.00 Wita. Bom meledak beberapa saat setelah jemaat melaksanakan ibadah Minggu. Para korban dari aksi teror ini adalah Intan Olivia Marbun yang meninggal dunia saat menjalani perawatan. Sementara tiga korban lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit.

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami