7 Langkah Mudah Berdoa Bersama Anak

Parenting / 21 November 2016

Kalangan Sendiri

7 Langkah Mudah Berdoa Bersama Anak

Budhi Marpaung Official Writer
7686
Doa adalah kekuatan bagi orang-orang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Ini tidak hanya berlaku di saat seseorang masih dalam keadaan lajang atau single, tetapi juga hingga berkeluarga. Namun, harus diakui bukanlah perkara mudah untuk mengajarkan anak untuk berdoa seperti yang kita lakukan.

Masalah adalah masalah, tetapi di dalam Tuhan selalu ada jalan keluar. Berikut ada 7 langkah mudah berdoa dengan anak Anda.

1. Pilih Waktu: Agendakan waktu khusus untuk berdoa dengan anak Anda setiap malam. Cobalah melakukannya dengan konsisten.

2. Pilih Tempat: Buatlah atmosfir yang nyaman, damai, dan tenang untuk berdoa dengan anak Anda (di tempat tidur, cahaya rendah, pintu ditutup).

3. Rencanakan Topik Doa: Pertama, bahaslah tujuan doa kali ini dengan anak Anda. Misalnya, berterima kasih pada Tuhan, atau meminta bantuan Tuhan. Berikan anak Anda contoh doa bentuk-bebas. Berikan pemahaman bahwa berbicaralah langsung kepada Allah dengan suara yang terdengar oleh telinga. Jangan kuatir bahwa apa yang dia katakan akan terdengar oleh Anda berdua.

4. Buatlah Pembukaan: Mulailah berdoa dengan pembukaan bersama. Misalnya: "Yesus yang terkasih" atau "Ya Tuhan". Hal ini akan membantu Anda memberikan sinyal kepada ana bahwa sudah waktunya untuk berlutut berdoa dan memulai. Hal ini juga membuat proses menjadi tidak menakutkan bagi anak-anak karena mereka memiliki titik awal akrab setiap malam.

5. Berikan Kendali kepada Anak Anda: Biarkan anak Anda memulai doa, tetapi lakukan itu bila Anda memintanya. Misal: "Apakah ada hal-hal baik yang terjadi hari ini dan ingin kamu ucapkan kepada Tuhan serta berterima kasih atas kebaikan-Nya? Atau adakah kamu mengetahui ada yang sakit dan membutuhkan pertolongan dari Tuhan untuk disembuhkan?

6. Sabarlah: Jika anak Anda mengalami stagnasi atau frustrasi, katakan kepadanya bahwa Tuhan tidak membutuhkan sesuatu yang direncanakan oleh manusia. Berikan panduan akan hal ini. Jangan langsung memaksanya untuk mengerti akan apa yang Anda dan pasangan ajarkan tersebut.

7. Ajarkan Mengucapkan Terima kasih kepada Tuhan untuk Orang-Orang yang Mereka Cintai: Pada akhir doa, minta anak Anda untuk berpikir tentang orang-orang di hidupnya dan mintalah dia menyampaikan ucapan terima kasih secara khusus kepada Tuhan untuk orang-orang tersebut.

 

Selamat mempraktikan hal ini bersama anak-anak Anda.

Sumber : todaychristianwoman.com
Halaman :
1

Ikuti Kami