Share this article :

Inilah 5 Sosok Istri Terbaik Versi Alkitab

 Mon November 14th, 2016
 1392

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

Inilah 5 Sosok Istri Terbaik Versi Alkitab Sumber : Whatchristianswanttoknow.com

Istri yang cakap siapakah yang akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan. Inilah ungkapan seorang Raja Salomo tentang gambaran sosok istri yang cakap dalam Amsal 31: 10-11.

Tentu saja tak seorang wanita pun yang diciptakan dengan kecakapan sempurna seperti digambarkan dalam ayat tersebut. Sama seperti seorang suami yang juga membutuhkan kekuatan luar biasa dari Tuhan untuk bisa mengasihi istrinya seperti Kristus mengasihi jemaat-Nya, seorang istri yang saleh juga perlu belajar untuk hidup taat sesuai dengan apa yang tertulis dalam kitab suci (baca Efesus 5 : 24 & Efesus 5 : 33).

Dalam kehidupan rumah tangga Kristen, Tuhan ingin suami istri saling mengasihi dan menghargai. Suami mengasihi istri dan istri menghormati suami (Efesus 5 : 25-29). Karena saat suami mengasihi istri mereka, para istri akan melihatnya sebagai sebuah kehormatan ; sebaliknya saat istri menghormati suaminya, para suami akan melihat hal itu sebagai sebuah bukti cinta.

Bagi para pria: Penghormatan = Cinta

Bagi para wanita: Cinta = Kehormatan

Bagaimana bisa menjadi suami seperti yang dikehendaki Tuhan? Anda patut membaca artikel berjudul : 5 Suami Terbaik Versi Alkitab.

Bagaimana pula menjadi seorang istri saleh seperti yang diungkapkan oleh Raja Salomo? Nah, untuk hal ini mari belajar dari 5 sosok istri terbaik versi Alkitab ini.

1. Maria

Bisakah Anda memikirkan sosok wanita yang lebih rendah hati, setia dan saleh lainnya seperti Maria, ibu Yesus (Lukas 1: 30)? Saat Allah memilih Maria sebagai ibu yang akan melahirkan Yesus, apa reaksi yang disampaikan Maria? Dia menunjukkan karakter seorang wanita saleh ketika dia berkata: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.” (Lukas 1 : 38). Karena Maria adalah sosok wanita yang rendah hati, setia, dan saleh, dipastikan dia adalah sosok istri yang luar biasa bagi suaminya Yusuf.

2. Sara

Dulu Sara istri Abraham bernama Sarai, tetapi Allah mengubah namanya menjadi Sara. Dalam bahasa Ibrani ‘Sara’ berarti ‘Putri’, sebuah nama yang sempurna karena dia akan menjadi ibu bagi banyak bangsa, seperti suaminya Abraham yang akan menjadi bapa bagi banyak bangsa.

Sara tentunya bukan wanita yang sempurna, tetapi dia tetap tunduk kepada Abraham. Salah satunya adalah ketika mereka melakukan perjalanan ke Mesir dan Abraham meminta Sara untuk berbohong bahwa dia adalah adik dari suaminya sendiri. Begitu pula dengan kerelaannya meninggalkan segala kepunyaannya untuk pergi bersama Abraham ke tempat yang mereka tak pernah tahu. Ketika Tuhan memanggil Abraham untuk meninggalkan segala kepunyaannya, hal itu juga diresponi dengan taat oleh Sara (Kejadian 12: 1-6). Sama seperti kita, Sara pasti juga punya kekurangan, namun karakter yang dimilikinya tentu sama membuatnya menjadi seorang istri yang menyenangkan hati suaminya.

3. Rut

Ada sedikit keraguan bila Rut adalah seorang wanita yang rendah hati. Anda bisa melihat bagaimana kualitas hidupnya seperti dituliskan dalam kitab Rut. Ketika Rut dan mertuanya Naomi sama-sama kehilangan suami mereka, dia bahkan telah disuruh untuk kembali kepada orangtuanya di Moab. Tetapi Rut menjawab suruhan mertuanya itu dengan kalimat yang selalu diingat hingga saat ini: “Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku..” (Rut 1 : 16)

Kata-kata ini bukan hanya mengandung kerendahan hati, tetapi juga kesediaan untuk mempercayai Tuhan. Ketika Rut bertemu calon suaminya Boas, Anda bisa melihat kerendahan hati yang dituturkannya. “Aku Rut, hambamu: kembangkanlah kiranya sayapmu melindungi hambamu ini, sebab engkaulah seorang kaum yang wajib menebus kami." (Rut 3:9)

Dari kisah inilah hidup Rut berubah. Dia ditetapkan Allah sebagai nenek moyang orang percaya, bahkan menjadi garis keturunan dari Yesus sendiri. Kerendahan hati dan hati hamba yang dimilikinya pasti menunjukkan bahwa Rut adalah seorang istri yang luar biasa.

4. Elisabet

Elisabet adalah sosok istri yang luar biasa lainnya. Dalam waktu yang cukup lama, dia dan suaminya Zakharia tetap belum dianugerahi anak. Lebih buruknya, keduanya sudah berusia lanjut (Lukas 1: 7b). Ketika malaikat Tuhan datang untuk memberitahu Zakharia dan mengatakan kepadanya bahwa Elisabet akan melahirkan anak laki-laki (Lukas 1: 13), ia tak percaya. Saat itulah malaikat Gabriel menegur Zakharia dan seketika dia bisu.

Di usia senjanya, Elisabet mengandung seorang bayi. Dan ketika Maria sepupunya datang berkunjung bayi dalam rahimnya melompat kegirangan. Saat itu Elisabet dipenuhi oleh Roh Tuhan. Hal yang membuat seorang wanita menjadi istri yang hebat adalah karena, sama seperti Elisabet, dia dipenuhi dengan Roh Kudus.

5. Priskila

Priskila adalah istri dari seorang pria Yahudi bernama Akwila, yang berasal dari Pontus. Priskila adalah sosok wanita yang membuka pintu rumahnya bagi rasul Paulus saat masa pelayanannya di Korintus. Dia mempersilahkan Paulus masuk meskipun Paulus adalah orang asing. Tumpangan itulah yang berjasa membuat pelayanan Paulus saat itu berhasil di Korintus. Priskila dan Akwila akhirnya ikut menjadi penyebar Injil ke Suriah bersama Paulus. Pasangan inilah yang membantu Paulus dalam pelayanannya untuk menyampaikan Injil kepada Apolos.

Bukan hanya istri yang murah hati, Priskila juga adalah sosok yang mudah belajar dan bersemangat untuk memberitakan Injil kepada banyak orang. Dia cukup cakap mengajar orang lain termasuk Apolos sendiri. Apakah Priskila adalah sosok wanita yang luar biasa? Jawabnya adalah tentu saja!

Dari lima sosok istri terbaik versi Alkitab ini, kita bisa belajar bahwa istri yang cakap dan saleh itu adalah mereka yang rendah hati dan setia seperti Maria, taat mengikuti perintah Tuhan seperti Sara, yang rendah hati dan memiliki hati seorang hamba seperti Rut, wanita yang dipenuhi Roh Kudus seperti Elisabet dan mereka yang murah hati dan memiliki hati untuk mengajar dan memberitakan Injil Tuhan kepada banyak orang seperti Priskila. Jadi, berbahagialah mereka yang memperoleh istri saleh yang rendah hati, murah hati, setia, dan taat kepada panggilan Allah.

Sumber : Whatchristianswanttoknow.com/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Deasy Suliestyorini 7 December 2016 - 17:48:29
Mohon bantuan doa untuk pekerjaan yg sdh lama saya... more..

Melpa Sinaga 29 November 2016 - 16:57:17
Shalom, saya melpa sinaga. saya baru tamat sekolah... more..

Naftalita Calista Putri 28 November 2016 - 19:33:37
Syalom , saya naftalita .. saya adalah seorang mah... more..

joshua 28 November 2016 - 09:49:48
Saya joshua..saya telah menikah selama 2 tahun. Na... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Saat Maria Bertemu Dengan Gabriel
Saat Maria Bertemu Dengan Gabriel
Inilah pertanyaan Maria ketika malaikat Gabriel datang kepadanya memberitakan kelahiran Yesus. Jawab...