Profil Mike Pence, Wakil Presiden Amerika Serikat Terpilih
Sumber: Jawaban.Com

Internasional / 10 November 2016

Kalangan Sendiri

Profil Mike Pence, Wakil Presiden Amerika Serikat Terpilih

Budhi Marpaung Official Writer
9152
Pemilihan umum di Amerika Serikat telah berakhir beberapa saat yang lalu. Seperti yang kita ketahui bersama, pihak pemenang adalah pasangan dari Partai Republik, Donald Trump – Mike Pence.

Kali ini, Jawaban.Com akan mengangkat profil kedua pemimpin Negara Paman Sam periode 2017-2021 tersebut. Dimulai dari sang wakil presiden terlebih dahulu.

Terlahir dengan nama lengkap Michael Richard Pence pada 7 Juni 1959 silam, Mike Pence dibesarkan di Colombus, negara bagian Indiana. Kedua orang tuanya, Edward J. Pence, Jr dan Nance Jane adalah penganut Katolik Irlandia dan pendukung Partai Demokrat.

Pence merupakan alumnus Jurusan Sejarah dari Hanover College (1981) dan Hukum dari Indiana University Robert H. McKinney School of Law (1986). Semasa di Hanover College, Pence bergabung dengan Perkumpulan Phi Gamma Delta. Di kelompok tersebut, ia pernah menjabat sebagai Pemimpin Wilayah.

Tahun 1978 adalah tahun yang akan selalu diingat oleh Pence karena di tahun itulah, ia menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi. Meski telah menjadi Kristen, tetapi ketika itu ia tetap menjalankan ibadah secara Katolik.

Setelah lulus dari kuliah hukum, Pence menjalani profesi sebagai pengacara di sebuah firma hukum swasta. Pada 1988 dan 1990, Pence mencoba untuk menjadi anggota Kongres. Namun, usahanya di tahun-tahun itu kandas.

Pada 1991, ia memimpin organisasi think-thank bernama Indiana Policy Review Foundation. Selama dua tahun ia bergabung. Sejak 1992, ia menjadi pembawa acara program radio di Rushville, Negara Bagian Indiana.

Tahun 2000 akhirnya Pence terpilih sebagai anggota kongres negara bagian Indiana. Sejak saat itu, namanya terus meroket di perkancahan politik di Amerika Serikat. Dalam seleksi calon Wakil Presiden Amerika Serikat 2017-2021, Pence berhasil mengungguli kandidat-kandidat lain yang ada di Partai Republik. Namanya kemudian tercatat sebagai pendamping Donald Trump untuk Pemilu 2016.

Pence menikah dengan Karen pada 1985 dan telah dikaruniai tiga orang anak – Michael, Charlotte, dan Audrey. Sekitar 1990-an, Pence dan keluarganya telah beribadah di Grace Evangelical Church. Namun pada 2013, ia mengumumkan ia dan keluarga sedang mencari sebuah gereja.

Pence mendeskripsikan dirinya, “Seorang Kristen, seorang Konservatif, dan seorang Republikan.”    

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami