Negara Ini Cat Masjid dan Gereja Dengan Warna Kuning
Sumber: cnn.com

Internasional / 5 November 2016

Kalangan Sendiri

Negara Ini Cat Masjid dan Gereja Dengan Warna Kuning

Lori Official Writer
6334

Dari jalan-jalan padat di daerah kumuh Kibera sampai pantai Mombasa, Kenya, terlihat sesuatu yang berbeda di sana. Masjid dan gereja yang identik dengan warna khasnya dicat dengan warna kuning mencolok.

Ya, mereka menyebut aksi ini dengan Color in Faith (Mewarnai dalam Iman, red). Aksi ini dipelopori oleh seniman KKolombia-Amerika Yazmany Arboleda dan rekannya orang Kenya asli, Nabila Alibhai. Mereka mengaku melakukan aksi untuk mempersatukan umat beragaam di Kenya.

“Bagi saya, kuning adalah warna matahari dan matahari bersinar di atas semua orang. Kami mencatnya bersama-sama untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa kami sama-sama pemimpin dan Muslim akan tahu Kristen adalah saudara. Sekarang semua orang yang lewat akan tahu kami (hidup) dalam damai,” ungkap Uskup Rose Mungafu, seperti dilansir Cnn.com.

Aksi ini muncul pasca ancaman teror dari kelompok teroris Islam Al-Shabaab yang menargetkan umat Kristen di Kenya. Ancaman itu mulai membesar sejak kelompok ini melakukan aksi penyerangan di Universitas Garissa pada 2015 silam. Secara brutal, mereka menewaskan sebanyak 148 mahasiswa yang saat itu tengah beribadah.

Menyusul peristiwa tersebut, polisi mencurigai Masjid Musa di Mombasa sebagai lokasi perekrutan anggota Al-Shabaab. Sampai pada tahun 2014 silam, masjid tersebut digerebek polisi dan menangkap sekitar 130 jemaat. Sejak saat itu, Masjid Musa ditinggalkan umat Muslim karena takut peristiwa serupa terulang kembali.

Namun belakangan ini aksi kekerasan dan serangan brutal kelompok teroris tampak semakin mereda di Mombasa. Untuk memulihkan trauma dan ketakutan atas nama agama, Color of Faith akhirnya dicetuskan untuk mengakhiri perseteruan di antara Muslim dan Kristen.

“Aku ingin mengecat masjid ini untuk menunjukkan bagaimana aku merupakan bagian dari komunitas dan untuk menunjukkan pada dunia bahwa kami tak saling berbeda satu sama lain,” ucap Khalima Mohammed, seorang warga Mombasa.

Dari sejumlah rumah ibadah Muslim dan Kristen, terdapat sembilan masjid dan gereja yang telah dicat warna kuning di seluruh Kenya. Sementara 40 rumah ibadah lainnya akan segera ikut menjadi bagian dari Color of Faith. Mereka berharap aksi ini bisa menjadi gerakan perubahan yang berdampak besar untuk menghadirkan perdamaian dan kerukunan antarumat beragama di Kenya.

Sumber : Cnn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami