Pasca Teror, Gereja Irak Bunyikan Lonceng untuk Pertama Kalinya
Sumber: http://qz.com

Internasional / 4 November 2016

Kalangan Sendiri

Pasca Teror, Gereja Irak Bunyikan Lonceng untuk Pertama Kalinya

Lori Official Writer
3589

Pasca kekuasaan kelompok teroris ISIS di Irak selama dua tahun terakhir ini, gereja terbesar Irak Immaculate Conception di Qaraqosh akhirnya membunyikan lonceng untuk pertama kali pada Minggu, 30 Oktober 2016 pekan lalu.

Di ibadah pertamanya, gereja yang mampu menampung 3000 jemaat ini menggelar misa Minggu. Untuk menjaga keamanan, gereja dikawal ketat oleh anggota militer dan polisi. Sementara sejumlah wartawan hadir untuk melakukan peliputan.

Seperti tradisi misa biasanya, rentetan ibadah tersebut memakai bahasa Aram, bahasa asli yang digunakan di jaman Yesus. Jemaat terpaksa berdiri di tengah ruang gereja yang menyisakan puing-puing dan kondisi atap yang bolong. Mereka juga terpaksa berdiri sepanjang ibadah karena gereja tidak memiliki kursi yang utuh pasca konflik yang meluluhlantakkan gereja itu.

Kendati begitu, ibadah tetap berjalan tenang. Para imam memimpin doa dan puji-pujian, kemudian memberkati jemaat yang hadir.   “Kami sangat senang kembali lagi ke gereja kami,” ucap Bapa Majid, pemimpi Gereja  Immaculate Conception.

Seperti diketahui, beberapa tahun belakangan ini kelompok teroris ISIS berhasil menduduki sejumlah kota di Irak dan menghancurkan rumah-rumah ibadah dan situs keagamaan di Suriah dan Irak. Mereka juga menargetkan umat Yazidi, Kristen dan Syiah. Kelompok teroris ini juga memaksa orang-orang Kristen untuk masuk keyakinan mereka dan diwajibkan membayar pajak. Suasana semakin brutal sejak ISIS melakukan aksi genosida besar-besaran kepada umat Kristen di kota Qaraqosh. Sejak kependudukan ISIS diketahui hampir 125 ribu orang Kristen melarikan diri dan keluar dari Irak.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami