Share this article :

Mengungkap Motif Kenapa Seseorang Membully?

 Wed November 2nd, 2016
 385

Artikel ini ditulis oleh :

Florida Siregar

Contributor
 

Mengungkap Motif Kenapa Seseorang Membully? Sumber : http://www.opheliaproject.org/images/gos

Bullying adalah serangan berulang – ulang secara lisan, non lisan dan/atau fisik yang dilakukan dengan tujuan untuk menyakiti, menakuti, dan mempermalukan.  Bullying merupakan satu fenomena yang harus dihadapi oleh banyak remaja saat ini. Namun kenapa seseorang sampai mem-bullying? Berikut adalah beberapa alasan kenapa seorang anak bisa mem-bully

1. Dosa merupakan alasan kuat mengapa anak–anak kecil sudah dapat saling mengejek, memaki, bahkan memukul teman–temannya. Kejatuhan manusia dalam dosa merupakan akar dari bullying.

2. Kita juga tidak dapat meremehkan godaan dari iblis dalam pergaulan untuk merasa diri lebih baik. Iblis menggoda manusia untuk merasa orang lain lebih rendah baik dari fisik, kelakuan, harta dll. Hal ini tentu harus diwaspadai.

3. Banyak juga remaja yang melakukan bullying untuk menutupi ketidakpercayaan dirinya, sehingga sebelum ia di bully maka harus mem-bully terlebih dahulu.

4. Bullying juga dapat tertanam dalam jiwa remaja atau anak dalam kondisi keluarga yang buruk. Keluarga yang penuh caci maki, tidak ada kasih, dan saling bertengkar memicu seseorang melakukan hal yang sama pada lingkungannya. 

5. Pergaulan remaja yang buruk rentan menimbulkan bullying. Pergaulan yang buruk akan merusak kebiasaan yang baik.

6. Ada banyak kasus juga dimana bullying berakar dari candaan. Hal ini harus diperhatikan karena ada banyak program TV yang menjadikan penghinaan kepada orang lain bahan candaan mereka.

7. Tontonan dan bacaan yang salah juga memiliki pengaruh yang kuat pada kasus – kasus bullying. Kata – kata kotor yang semakin menjadi kata – kata umum juga patut diwaspadai.

8. Sering kali remaja menjadi pembuly karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk mentoleransi perbedaan. Hal ini sering kali karena anak dimanja. Perbedaan yang terjadi dilingkungannya tidak dapat diterimanya oleh karena itu ia ingin membuat lingkungannya sesuai dengan keingginannya.

Bullying merupakan hal yang tidak dapat dianggap remeh. Jika kita melihat anak atau remaja disekitar kita melakukan bullying tegurlah mereka dalam kasih. Tidak ada satu alasanpun yang dapat membenarkan bullying.


Tangerang 31 Oktober 2016

Florida

Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, Anda juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan berbagi kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapat Anda tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gereja Anda dengan menguploadnya langsung melalui fitur Berani Bercerita di Jawaban.com, info lebih jelas KLIK DISINI. 


Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Deasy Suliestyorini 7 December 2016 - 17:48:29
Mohon bantuan doa untuk pekerjaan yg sdh lama saya... more..

Melpa Sinaga 29 November 2016 - 16:57:17
Shalom, saya melpa sinaga. saya baru tamat sekolah... more..

Naftalita Calista Putri 28 November 2016 - 19:33:37
Syalom , saya naftalita .. saya adalah seorang mah... more..

joshua 28 November 2016 - 09:49:48
Saya joshua..saya telah menikah selama 2 tahun. Na... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Saat Maria Bertemu Dengan Gabriel
Saat Maria Bertemu Dengan Gabriel
Inilah pertanyaan Maria ketika malaikat Gabriel datang kepadanya memberitakan kelahiran Yesus. Jawab...