Share this article :

Gereja-gereja Filipina Kritik Cara Duterte Berantas Narkoba

 Wed November 2nd, 2016
 390

Artikel ini ditulis oleh :

daniel.tanamal

Official Writer
 

Gereja-gereja Filipina Kritik Cara Duterte Berantas Narkoba Sumber : Philstar

Gereja-gereja di Filipina akhirnya mengeluarkan suara-suara yang mengkritisi kebijakan sang presiden, Rodrigo Duterte dalam pemberantasan narkoba. Seperti diketahui, Duterte melakukan cara keras dengan menembak mati setiap orang yang terlibat dengan dunia narkoba.

Suara-suara ini berkumandang bersamaan dengan tradisi jutaan orang di Filipina dalam ritual tradisional memperingati mereka yang telah meninggal dunia, “All Saints' Day" tahun ini. Ritual itu diperingati setiap 1 November oleh Keluarga Katolik di Filipina dengan mengunjungi makam orang-orang yang mereka kasihi, menyalakan lilin, dan berdoa untuk jiwa mereka.

Dalam pernyataan resminya, otoritas Gereja Katolik di Filipina kini kembali menyerukan upaya pemberantasan narkoba melalui jalan yang benar dan langkah yang sesuai. "Kami mendukung dengan iman melalui doa bagi mereka yang tewas karena pembunuhan ekstra yudisial ini. Kami terus melanjutkan seruan kami agar aksi pembunuhan dihentikan dan mencari pelaku dengan langkah yang sesuai," kata Pastor Jerome Secillano, Selasa (1/11/2016).

Sementara itu pastor lainnya, Angel Lagdameo dari Provinsi Iloilo juga mengeluarkan pernyataan tertulis Minggu kemarin. Dia menegaskan,  gereja tak bisa menerima pembunuhan ekstra yudisial yang telah melukai nurani sebagai manusia. "Setiap kali ada orang tewas dibunuh tanpa melalui proses hukum, sebagian dari jiwa kita pun mati. Kemanusiaan kita lenyap dan kebanggaan kita kian menyusut akibat kondisi ini,"  tambahnya.

Hingga saat ini, Rezim Duterte telah membunuh sekitar 4.000 orang di Filipina yang diduga terkait dengan kejahatan narkoba. Gelombang kecamanpun segera datang mengecam kebijakan berdarah tersebut, seperti dunia internasional yang telah lebih dulu mengeluarkan kritik dan kecaman atas kebijakan yang disebut sebagai aksi pembunuhan ekstra yudisial, dan pelanggaran hak asasi manusia.

Sumber : berbagai sumber

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Deasy Suliestyorini 7 December 2016 - 17:48:29
Mohon bantuan doa untuk pekerjaan yg sdh lama saya... more..

Melpa Sinaga 29 November 2016 - 16:57:17
Shalom, saya melpa sinaga. saya baru tamat sekolah... more..

Naftalita Calista Putri 28 November 2016 - 19:33:37
Syalom , saya naftalita .. saya adalah seorang mah... more..

joshua 28 November 2016 - 09:49:48
Saya joshua..saya telah menikah selama 2 tahun. Na... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Saat Maria Bertemu Dengan Gabriel
Saat Maria Bertemu Dengan Gabriel
Inilah pertanyaan Maria ketika malaikat Gabriel datang kepadanya memberitakan kelahiran Yesus. Jawab...