Share this article :

Mengajar anak Melawan Bullying

 Tue November 1st, 2016
 475

Artikel ini ditulis oleh :

Florida Siregar

Contributor
 

Mengajar anak Melawan Bullying Sumber : Jawaban.com

Bullying pada saat ini menjadi kasus yang sangat meresahkan serta memiliki dampak yang buruk. Hampir 10% siswa keluar dari sekolah atau pindah sekolah dengan alasan menghindari bullying. Ada sekitar 30% kasus bunuh diri pada anak memiliki relasi dengan kasus bullying. Bullying menjadi masalah anak saat ini. Oleh karena itu orangtua harus mengajar anak untuk melawan bullying.

1. Orangtua dan para penatua di gereja perlu untuk terus mengingatkan anak – anak bahwa identitas mereka ditentukan oleh Tuhan Allah dan bukan dari perkataan orang lain.

2. Orangtua juga perlu untuk mengingatkan mereka untuk tidak membalas anak – anak yang suka membullying. Jangan menunjukkan amarah maupun rasa takut.

3. Orangtua harus mengajari anak untuk berani melindungi dirinya baik dengan mengatakan langsung kepada temannya untuk berhenti membully atau melaporkannya kepada orang dewasa.

4. Setiap anak yang sedang bertumbuh bahkan sedang memasuki masa remaja perlu dipandu dalam kesehariannya. Ajarilah mereka untuk teruslah berefleksi, berintrospeksi atau memperbaiki diri agar bisa diterima dalam komunitas yang sehat. Mulai dari hal – hal yang kecil seperti bau badan, cara bicara, cara berjalan atau lainnya.

5. Mintalah anak untuk meninggalkan atau menghindari lingkungan pergaulan yang kasar, sebab di lingkungan yang demikianlah bullying sering terjadi.

 6. Terakhir orangtua juga perlu bersama dengan anak mendoakan anak – anak lainnya yang membully mereka. Melalui doa kiranya Tuhan mengubahkan hati anak – anak tersebut dan membentuk komunitas yang bertumbuh dalam terang Kristus.

Bullying merupakan hal yang sekarang semakin banyak terjadi. Anak – anak tidak mungkin dapat menhindarinya namun mereka dapat melawannya.

 

Referensi

http://www.antibullyingindonesia.org/

Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, Anda juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan berbagi kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapat Anda tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gereja Anda dengan menguploadnya langsung melalui fitur Berani Bercerita di Jawaban.com, info lebih jelas KLIK DISINI.


Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Deasy Suliestyorini 7 December 2016 - 17:48:29
Mohon bantuan doa untuk pekerjaan yg sdh lama saya... more..

Melpa Sinaga 29 November 2016 - 16:57:17
Shalom, saya melpa sinaga. saya baru tamat sekolah... more..

Naftalita Calista Putri 28 November 2016 - 19:33:37
Syalom , saya naftalita .. saya adalah seorang mah... more..

joshua 28 November 2016 - 09:49:48
Saya joshua..saya telah menikah selama 2 tahun. Na... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Bagaimana Mengenali Pekerjaan atau Usaha yang Anda Sukai?
Bagaimana Mengenali Pekerjaan atau Usaha yang Anda Sukai?
“Shalom, saya tidak tahu apa rencana Tuhan di dalam hidup saya. Usaha apapun selalu gagal. Sekaran...