PGI: Jangan Kampanye Pilkada di Gereja!
Sumber: Prambudi

Nasional / 1 November 2016

Kalangan Sendiri

PGI: Jangan Kampanye Pilkada di Gereja!

daniel.tanamal Official Writer
3710

Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) menghimbau agar setiap umat Kristiani di Indonesia untuk tidak menggunakan gereja atau rumah ibadah sebagai ajang kampanye untuk kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan serentak di tahun 2017.

Hal itu dinyatakan Ketua Umum PGI Henriette T.H. Lebang saat menyampaikan pesan pastoral PGI untuk Pilkada Serentak 2017 di Grha Oikoumene, Salemba Jakarta, Selasa (1/11/2016). “Kita perlu mengerti bersama mengenai Pilkada ini bahwa tentu setiap orang disetiap jemaat punya perbedaan pandangan politik. Untuk itu mari menjaga bersama agar pilkada ini tidak membawa ketegangan antara gereja sendiri,” katanya.

Dalam pesan pastoral tersebut, PGI mengambil Amsal 14:34 yang berbunyi “Kebenaran meninggikan derajat bangsa, tetapi dosa adalah noda bangsa”. Artinya, PGI mengajak semua jemaat untuk mengutamakan nilai-nilai kebenaran, keadilan dan kesetaraan yang didasari dengan spirit gotong-royong sehingga menciptakan perdamaian dan kegembiraan, saat pilkada maupun setelah Pilkada berlangsung.

Selain itu Henriette juga mengajak gereja untuk menerapkan tanggungjawab moral kepada jemaatnya yaitu dengan menyelenggarakan pendidikan politik kepada umat agar mereka mampu menggunakan hak pilih, selain itu juga mampu menggunakan hak pilihnya secara rasional, bertanggung jawab, dan kritis.



Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami