Untuk Para Ayah, Inilah Pentingnya Berkencan Dengan Pacar Putri Anda
Sumber: Hipwee.com

Single / 1 November 2016

Kalangan Sendiri

Untuk Para Ayah, Inilah Pentingnya Berkencan Dengan Pacar Putri Anda

Lori Official Writer
4683

Salah satu masa yang paling mengkhawatirkan bagi seorang ayah yang memiliki putri adalah ketika sudah mulai berpacaran. Ketakutan yang sama juga dialami para pria yang menjalin hubungan dengan para gadis muda yang memiliki ayah yang begitu menyayangi putri mereka.

Sebagian diantara para pria ini memang bisa saja merasa diterima di keluarga sang pacar karena orangtuanya yang begitu menyenangkan dan terbuka. Tak jarang lelucon dan humor menghiasi setiap pertemuan mereka. Tetapi ada juga masa dimana sebagian pria ini harus menghadapi momen horor bertemu dengan ayah dari pacarnya yang begitu galak dan protektif.

Harusnya rasa takut ini tidak lagi dialami oleh para pria muda yang sedang memadu cinta dengan putri seorang ayah di luar sana. Sebagai orang Kristen, setiap ayah harus memahani hal ini yaitu ‘memahami peran seorang ayah untuk mempersiapkan pernikahan putrinya’.

Kasus yang terjadi akibat tindakan protektif ayah yang berlebihan terhadap putrinya adalah mendapati putri mereka masih tetap melajang sampai di usia 25, 30 atau bahkan 40 tahun. Bukan berarti juga seorang ayah harus lepas tangan dan tidak peduli sama sekali dengan siapa putrinya menjalin cinta. Peran yang perlu dilakukan seorang ayah yang bijak adalah membangun hubungan pergaulan yang hangat, penuh kasih dan mengayomi putrinya selama sisa hidupnya.

Di Alkitab kisah cinta Ishak dan Ribka dituliskan demikian, bahwa Abraham, ayah Ishak lah yang mengirimkan pria lain untuk menjemput Ribka bagi dia. Hubungan itu memang berhasil di jamannya  dan hal itu mungkin dilakukan karena berkaitan dengan budaya setempat. Tetapi bukan berarti ayah di jaman ini harus melakukan hal yang sama terhadap putri-putri mereka. Seorang ayah harusnya menjadi sahabat atau teman bagi pacar putrinya. Jika memungkinkan mengajak pacar putrinya meluangkan waktu bersama, belajar tentang berbagai hal sebagai bekal untuk mempersiapkan pria tersebut sebagai calon suami yang baik bagi putrinya. Hal yang paling penting adalah membekali sang pria dengan pengenalan yang lebih mendalam akan Tuhan dan mengarahkan sang pria akan tujuan Tuhan atas hubungan cinta dan pernikahan.

Berikut 4 nasihat bagi para ayah agar para pria bisa tertarik kepada putri Anda.

1. Jangan menunggu pria itu untuk memulai pembicaraan lebih dulu

Kebanyakan orangtua selalu menunggu calon suami putrinya untuk datang mengetuk pintu untuk meminta persetujuan menikahi putrinya. Tetapi untuk hal ini, setiap orangtua, khususnya ayah, tidak perlu membiarkan hal itu terjadi. Anda punya banyak waktu untuk mengetahui itu lebih dulu sebelum putri Anda bertunangan dengan pria tersebut. Mulailah membangun percakapan dengan pria itu sejak pertama kali diperkenalkan kepada Anda. Jangan mencoba mengancam atau membuat dia gentar dengan segala ancaman-ancaman Anda ketika dia masih berpacaran dengan putri Anda. Sebaliknya, mulailah bercerita tentang apapun itu. Ajak dia berbagi, tanyakan tentang hobinya, keluarganya, pekerjaan dan sebagainya.

2. Jadilah model pria yang baik dihadapannya

Saat putri Anda membawa pacarnya ke rumah, biarkan dia menilai AAnda dan keluarga Anda dengan sikap dan tindakan yang Anda lakukan. Tunjukkan kepada pacar putri Anda bahwa seorang pria sejati haruslah menjadi role model bagi istri dan anak-anaknya. Biarkan dia melihat bahwa Anda adalah pria yang sangat mencintai istri dan anak-anak Anda. Dan ingatkan bahwa rumah Anda bisa menjadi tempat yang paling aman bagi mereka untuk saling mengenal satu sama lain, sehingga saat pacar putri Anda datang berkunjung dia bisa merasakan suasana rumah yang begitu ramah menerimanya.

3. Jangan sembunyikan kegagalan Anda

Sebagai ayah yang diteladani, Anda juga harus berani menunjukkan kegagalan-kegagalan Anda dalam hidup. Beritahu pria itu bahwa sebagai seorang pria membangun sebuah hubungan harus didasarkan dengan cinta yang tulus, karena kasih itu bersedia menerima kekurangan dan kelebihan pasangannya.

4. Jadilah penolong bagi para pria yang belum mengenal Tuhan

Setiap ayah tentu saja menghendaki putrinya mendapatkan pria yang baik dan bahkan takut akan Tuhan. Sayangnya, tak sedikit ayah yang langsung menentang hubungan asmara putrinya dengan seorang pria yang hidupnya tidak benar. Dia langsung memutuskan untuk melarang putrinya berhubungan dengan pria itu.

Padahal ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memastikan dugaan itu. Bagaimana jika Anda mencoba untuk akrab dengan orang-orang muda ini? Bagaimana jika Anda menyambut mereka dengan kebijaksanaan yang penuh kasih dan sederet nasihat yang baik? Sekalipun pria itu pada awalnya sama sekali bukanlah tipe pria yang Anda harapkan untuk putri Anda, namun setidaknya Anda bisa mencoba mempelajari sifat dan karakternya. Tidak ada yang dirugikan jika Anda sekali waktu menghabiskan waktu bersama untuk membangun karakter pria itu, lalu berikan dukungan kepada dia agar semakin bertumbuh dalam kedewasaan.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah ayah Anda setuju dengan tips ini? Semoga bermanfaat!

Sumber : Desiringgod.org
Halaman :
1

Ikuti Kami