Cara Bijak Menjelaskan Halloween Kepada Anak
Sumber: www1.cbn.com

Parenting / 31 October 2016

Kalangan Sendiri

Cara Bijak Menjelaskan Halloween Kepada Anak

Budhi Marpaung Official Writer
2520
Tahun ini, saya memiliki keputusan yang mudah dalam hal apa yang harus dilakukan pada hari Halloween. Saya akan menonton pertandingan Hoki tingkat kampus! Pertandingan, yang diselenggarakan di sebuah kampus Kristen tersebut menyediakan hadiah bagi kostum penonton terbaik.


Beberapa tahun terakhir, ketika saya harus berurusan dengan anak-anak saya dan Halloween, itu adalah cerita yang sangat berbeda. Sebagai sebuah keluarga Kristen, kita tentu harus memutuskan apa yang harus dilakukan dengan Halloween. Apakah kita harus mengabaikannya, ikut berpartisipasi dengan para tetangga, terlibat di dalam budaya tersebut, melakukan kegiatan sendiri, pergi ke pesta panen gereja atau apa?

Sebelum memutuskan, kita perlu melakukan empat hal berikut ini terlebih dahulu: pertama adalah perhatikan apa kata Tuhan tentang apa yang harus Anda lakukan, lalu berbicaralah dengan semua anggota yang ada di dalam rumah sebagai sebuah keluarga. Kemudian ketiga, berdoalah untuk hikmat dan ikutilah pimpinan Roh Kudus, bukan orang lain. Terakhir, bantulah anak-anak memahami posisi yang Anda ambil dan sampaikan mengapanya.

Orang lain sudah seharusnya menghormati keputusan Anda, terutama jika Anda memiliki pengalaman perjumpaan pribadi dengan sisi gelap dari dunia roh dalam keluarga atau keturunan di atas-atas Anda. Dan jika keputusan Anda didasarkan pada gagasan bahwa Anda tidak menyukai tujuan dirayakannya Halloween dan tidak ingin berpartisipasi, Anda tidak perlu persetujuan dari orang lain.

Namun begitu, hati-hati dan jangan menghakimi hati orang-orang yang ikut serta. Sebab, banyak orang yang menggunakan liburan ini untuk berinteraksi tetangga mereka dan memiliki percakapan tentang hal-hal rohani. Tuhan mampu bekerja melalui semua jenis pertemuan yang tidak biasa. Ini adalah kesempatan untuk berbicara tentang dunia spiritual dan mengakui realitas kejahatan. Saya melakukan itu beberapa tahun dengan tetangga saya, menjelaskan apa yang saya percayai dan mengemukakan alasannya.

Salah satu hal terbaik saat memutuskan apa yang harus dilakukan berkenaan dengan perayaan Halloween adalah hal tersebut membangkitkan gagasan dalam pikiran kita bahwa kejahatan itu ada, dan itu bukanlah fantasi Hollywood. Untuk anak-anak, ini sangat penting.

Tidak peduli apa yang Anda putuskan, tapi ini yang saya yakini bahwa Yesus mengatasi segala kejahatan sehingga kita tidak perlu takut. Dia mengatasi kegelapan (1 Yohanes 4:4) dan menang atas kematian dan kejahatan. Setiap hari, termasuk atas Halloween, kuasa Tuhan bekerja di dalam kita ketika menyatu dengan-Nya. Jadi, biarkan anak-anak Anda mengetahui bahwa mereka dilindungi oleh darah Kristus.

Sebesar apapun kegelapan yang kita temui setiap hari sepanjang tahun ini, Tuhan yang ada di dalam kita lebih besar, daripada kuasa gelap yang ada di dunia. Oleh karena alasan itu, kita dan juga anak-anak tidak perlu takut!

Sumber : Linda Mintle / www1.cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami