Tobat Ditegur Tuhan, Presiden Duterte Janji Tidak Akan Ucapkan Makian
Sumber: REUTERS/Lean Daval Jr

Internasional / 31 October 2016

Kalangan Sendiri

Tobat Ditegur Tuhan, Presiden Duterte Janji Tidak Akan Ucapkan Makian

Puji Astuti Official Writer
8437

Presiden Filipina Rodrigo Duterte membuat pernyataan mengejutkan dengan mengungkapkan bahwa dirinya akan berhenti berkata-kata kasar dan memaki karena ditegur Tuhan saat dalam penerbangan dari Jepang pada Kamis lalu. Hal tersebut diungkapkan Duterte pada press confrence di Kamis malam saat tiba di kampung halamannya Davao. 

Mantan Walikota Davao tersebut terkenal karena sering memaki dan berkata-kata kasar termasuk kepada Paus Fransiskus dan Presiden Barack Obama. Hal ini sepertinya tidak akan terjadi lagi, karena ia sudah bersumpah kepada Tuhan dan rakyat Filipina akan bertobat dan memperbaiki kelakuannya. 

"Saya sedang memandangi langit sewaktu menuju kemari," demikian Duterte menceritakan pengalaman spiritualnya itu kepada wartawan. "Semua orang sedang tidur, mendengkur, tetapi sebuah suara berkata, 'kamu tahi, jika kamu tidak berhenti memaki, aku akan menjatuhkan pesawat ini ke bawah."

"Dan saya berkata, 'Ini siapa?' Tentu saja Tuhan. OK."

"Jadi saya berjanji pada Tuhan.. tidak lagi mengungkapkan kata-kata slang, makian dan semuanya. Janji saya pada Tuhan adalah janji kepada masyarakat Filipina."

Presiden Rodrigo Duterte memang suka bicara blak-blakan sejak menjabat menjadi walikota dan sejak menjabat sebagai presiden pada bulan Mei 2016 ini, dia memutuskan untuk mengatasi masalah narkoba di negara tersebut dengan cara ekstrim yaitu mengijinkan tembak ditempat bagi pengguna dan pengedar narkoba. Kebijakannya inilah yang membuatnya menerima berbagai kritikan pedas dari para pemimpin negara. 

Rekan partai dan juga pansihat hubungan luar negeri Duterte, Alan Peter Caytano mengungkapkan bahwa sebenarnya Duterte adalah orang yang sangat rohani. 

"Saya selalu merasa bahwa dia sangat rohani. Dia tidak religius, tetapi dia percaya pada Tuhan," demikian jelas Alan. 

Sungguh anugerah Tuhan bagi Presiden Duterte karena mendapatkan teguran langsung dari Tuhan dan ia responi dengan bertobat. Hal yang sama juga berlaku bagi semua orang percaya, yaitu untuk menjaga mulutnya agar tidak mengucapkan hal-hal negatif, sebab dalam kitab Amsal 13:3 (terjemahan BIS) menasehati bahwa, "Orang yang hati-hati dalam tutur katanya akan aman hidupnya; orang yang bicara sembarangan akan ditimpa kemalangan."

Sumber : Reuters.com
Halaman :
1

Ikuti Kami