Gereja Spanyol Ini Didenda Lantaran Suara Loncengnya
Sumber: www.sinarharapan.co

Internasional / 25 October 2016

Kalangan Sendiri

Gereja Spanyol Ini Didenda Lantaran Suara Loncengnya

Lori Official Writer
3106

Gereja Our Lady of the Assumption dikenakan denda oleh pemerintah kota Mostoles, wilayah bagian Selatan Madrid, Spanyol karena bunyi lonceng gereja. Gereja ini dijatuhi denda sebesar 16.000 euro (setara dengan Rp 208 juta) pada Selasa, 18 Oktober 2016 lalu.  

Tindakan ini menyusul keluhan dari warga yang mengaku terganggu karena bunyi lonceng gereja tersebut terlalu berisik. Pejabat setempat lalu memerintahkan teknisi untuk mengukur level suara Gereja Our Lady of the Assumption. Dari hasil pemeriksaan ditemukan level suara lonceng gereja hanya sekitar 30 desibel di atas rata-rata tinggi bunyi yang diijinkan dalam peraturan kota yaitu 55 desibel.

Pastor gereja Ignacio Torres pun menjelaskan kepada media bahwa lonceng gereja memang sudah lama berdentang di kota Mostoles. Mereka mengaku hanya membunyikannya dua kali dalam sehari yaitu siang dan menjelang misa malam hari.

Dia mengeluhkan tingginya denda yang dijatuhkan karena gereja pasti tidak akan sanggup membayar biaya sebesar itu.

Terkait hal ini, para ahli bunyi menuturkan bahwa faktanya bunyi percakapan normal saja menghasilkan 55-60 desibel bunyi. Sementara pesawat terbang mengeluarkan bunyi mencapai 110-120 desibel. Jadi, bunyi lonceng gereja tersebut dianggap masih sangat normal dan seharusnya tidak menyebabkan kebisingan.

Perkara bunyi yang dikumandangkan dari rumah-rumah ibadah ternyata tidak hanya dipersoalkan di Indonesia saja. Seperti isu yang sempat memanas soal keluhan sejumlah warga di berbagai kota atas penggunaan Toa atau pengeras suara di rumah ibadah agama tertentu. Bahkan Spanyol yang dikenal sebagai negara dengan mayoritas umat Katolik pun harus menghadapi keluhan serupa. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan kerja sama yang baik antara pihak rumah ibadah dan juga masyarakat dan menumbuhkan rasa saling menghargai satu sama lain. 

Sumber : Sunherald.com/Breitbart.com
Halaman :
1

Ikuti Kami