Sukacita Anak Lahir Dari Nyanyian Orangtua
Sumber: Shutterstock.com

Parenting / 20 October 2016

Kalangan Sendiri

Sukacita Anak Lahir Dari Nyanyian Orangtua

Lori Official Writer
3717

Musik dan lagu bisa menjadi media untuk mengundang sukacita dan kebahagiaan memenuhi rumah. Setiap orangtua bisa bernyanyi dan bermain musik kapan saja di rumah. Tak perlu harus memiliki suara bagus atau memainkan alat musik terhebat untuk bisa menghadirkan suasana bahagia ini di rumah.

Bagi orangtua yang ingin sekali anak-anaknya ikut menikmati nyanyian bersama ini tidak perlu melihat apakah anak-anak mereka berbakat atau tidak. Yang dibutuhkan hanya bernyanyi saja!

Mengambil momen bersama untuk bernyanyi dengan keluarga sangat penting. Karena dengan ini, para orangtua bisa mengajarkan anak-anaknya mengundang hadirat Tuhan bekerja lewat musik dan nyanyian keluarga.

Saat seorang ayah menyanyi, rumah akan terasa menyenangkan. Bernyanyi adalah suara sukacitanya Tuhan. Sukacita itu dibuat Tuhan secara audible. Bernyanyi di sekitar rumah, saat menyetir, saat bekerja akan membuat persekutuan keluarga semakin erat.

Orang-orang Kristen bernyanyi karena kita tahu Tuhan adalah pribadi yang bahagia (Mazmur 115: 3). Tuhan kita adalah pribadi yang suka bernyanyi. Dan saat seorang ayah bernyanyi maka hati anak-anaknya akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Bukan hanya hati mereka, tetapi juga pikiran dan tubuh mereka.

Apa yang harus dinyanyikan orangtua saat bersama anak-anaknya di rumah?

1. Nyanyikan Firman Tuhan

Lirik lagu apa yang lebih baik selain daripada firman Tuhan itu sendiri? Jadi nyanyikanlah lagu-lagu pujian yang mengandung pesan Tuhan dan perkataan Tuhan. Semakian orangtua mungkin tidak bisa jika harus menulis lagu sendiri, tetapi bagaimana jika Anda berani mencobanya?

2. Biasakan Bernyanyi Bersama

Bernyanyi secara sponta di sekitar rumah atau saat mengendarai mobil akan membuat anak-anak Anda penuh dengan sukacita. Cobalah melakukannya saat momen kebersamaan itu ada. Jadikan satu lagu andalan Anda populer didengar oleh seluruh anggota keluarga. Semakin sering Anda menyanyikan lagu itu, anak-anak pun akan secara otomatis menghapalkan lagu tersebut.

3. Bernyanyi di Masa-Masa Tak Menyenangkan

Bernyanyilah di masa-masa tidak menyenangkan seperti saat mereka sedang sakit. Nyanyian bisa menjadi penghibur dan bahkan penguat di saat-saat sulit.

4. Bernyanyi Bersama-sama

Bahkan dalam keluarga yang mencintai musik, akan sangat mudah untuk menciptakan momen bagi keluarga untuk bernyanyi dan berbagi musik bersama. Ajak anak-anak mengambil bagian masing-masing, mungkin ada yang memainkan gitar, cajon atau drum. Atau jika mereka tidak mampu bermain musik, minta anak-anak Anda untuk belajar memecah suara. Hal itu tentu saja akan menjadi momen penyembahan yang luar biasa.

Apakah Anda dan keluarga merasa penting menerapkan hal ini? Mulailah dari hari ini!

Sumber : Desiringgod.org/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami