Share this article :

Wow, Akhirnya Harga BBM di Papua Sama Dengan di Nusantara

 Tue October 18th, 2016
 546

Artikel ini ditulis oleh :

daniel.tanamal

Official Writer
 

Wow, Akhirnya Harga BBM di Papua Sama Dengan di Nusantara Sumber : Jawaban.com


Akhirnya setelah sekian puluh tahun, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Papua sama dengan harga normal di wilayah lainnya di Indonesia. Hal itu diutarakan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno saat melakukan kunjungan ke Jayapura dalam rangka meresmikan sejumlah proyek BUMN di bidang energi.

Menurut Rini, hal itu terwujud atas instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan berkurangnya ketimpangan harga-harga di wilayah timur Indonesia. Selain itu juga PT Pertamina (Persero) tengah mengupayakan agar seluruh daerah terdepan, terluar, dan terpencil di Indonesia bisa merasakan harga BBM yang sama.

"Pada dasarnya memang Pak Presiden sejak menjadi Presiden di Oktober 2014 salah satu penekanan utamanya adalah ke Papua dan Papua Barat. Beliau kan datang pertama kali ke sini dan melihat persoalan-persoalan apa di sini. Yang utama, Presiden berkali-kali datang ke Papua, melihat di Wamena harga BBM bisa Rp 70.000/liter," kata Rini di Jayapura, Papua, Senin (17/10/2016).

Sebelumnya harga BBM di delapan wilayah Papua di atas rata-rata harga nasional, mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 100.000 per liternya. Disebutkan Rini juga bahwa biaya untuk suplai BBM ke seluruh wilayah tersebut menjadi tanggung jawab (subsidi) dari Pertamina. Hal ini disebut dengan subsidi silang, yang mana keuntungan di wilayah-wilayah lainnya di Indonesia digunakan untuk mensubsidi ongkos angkut BBM di wilayah terdepan, terluar dan terpencil di Indonesia. "Dan ini betul-betul pertama kali sejak kemerdekaan Republik Indonesia, bahwa harga BBM bisa sama secara nasional di Papua," tambahnya.

Tentunya dengan persamaan harga ini maka biaya-biaya logistik diharapkan bisa lebih murah sehingga harga-harga barang lain ikut turun. Rencananya sendiri, sebagai informasi, rencananya Program BBM Satu Harga ini akan diresmikan Jokowi di Yahukimo pada hari ini Selasa (18/10/2016). 



Sumber : Detik

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Related article :

rperjuraschri 3 December 2016 - 06:29:15

rperjuraschri 3 December 2016 - 06:28:40

Melpa Sinaga 29 November 2016 - 16:57:17
Shalom, saya melpa sinaga. saya baru tamat sekolah... more..

Naftalita Calista Putri 28 November 2016 - 19:33:37
Syalom , saya naftalita .. saya adalah seorang mah... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Di Doa Ibuku, Namaku Disebut
Di Doa Ibuku, Namaku Disebut
“Halo Sahabat 24, aku ingin berbagi sebuah sejarah dalam hidupku. Namaku Ivan, dan aku anak sulung...