Wow, Akhirnya Harga BBM di Papua Sama Dengan di Nusantara

Finance / 18 October 2016

Kalangan Sendiri

Wow, Akhirnya Harga BBM di Papua Sama Dengan di Nusantara

daniel.tanamal Official Writer
3156


Akhirnya setelah sekian puluh tahun, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Papua sama dengan harga normal di wilayah lainnya di Indonesia. Hal itu diutarakan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno saat melakukan kunjungan ke Jayapura dalam rangka meresmikan sejumlah proyek BUMN di bidang energi.

Menurut Rini, hal itu terwujud atas instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan berkurangnya ketimpangan harga-harga di wilayah timur Indonesia. Selain itu juga PT Pertamina (Persero) tengah mengupayakan agar seluruh daerah terdepan, terluar, dan terpencil di Indonesia bisa merasakan harga BBM yang sama.

"Pada dasarnya memang Pak Presiden sejak menjadi Presiden di Oktober 2014 salah satu penekanan utamanya adalah ke Papua dan Papua Barat. Beliau kan datang pertama kali ke sini dan melihat persoalan-persoalan apa di sini. Yang utama, Presiden berkali-kali datang ke Papua, melihat di Wamena harga BBM bisa Rp 70.000/liter," kata Rini di Jayapura, Papua, Senin (17/10/2016).

Sebelumnya harga BBM di delapan wilayah Papua di atas rata-rata harga nasional, mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 100.000 per liternya. Disebutkan Rini juga bahwa biaya untuk suplai BBM ke seluruh wilayah tersebut menjadi tanggung jawab (subsidi) dari Pertamina. Hal ini disebut dengan subsidi silang, yang mana keuntungan di wilayah-wilayah lainnya di Indonesia digunakan untuk mensubsidi ongkos angkut BBM di wilayah terdepan, terluar dan terpencil di Indonesia. "Dan ini betul-betul pertama kali sejak kemerdekaan Republik Indonesia, bahwa harga BBM bisa sama secara nasional di Papua," tambahnya.

Tentunya dengan persamaan harga ini maka biaya-biaya logistik diharapkan bisa lebih murah sehingga harga-harga barang lain ikut turun. Rencananya sendiri, sebagai informasi, rencananya Program BBM Satu Harga ini akan diresmikan Jokowi di Yahukimo pada hari ini Selasa (18/10/2016). 



Sumber : Detik
Halaman :
1

Ikuti Kami